Home » Headline » Menggelapkan Uang, Mantan Rektor Ditahan Polisi

Menggelapkan Uang, Mantan Rektor Ditahan Polisi

Polda_JabarJABARTODAY.COM – BANDUNG

Mantan rektor Universitas Winaya Mukti, Zz, ditahan oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisan Daerah Jawa Barat karena terbukti melakukan penggelapan senilai Rp 10 miliar.

Seperti dikatakan Kepala Bidang Humas Polda Jabar Komisaris Besar Martinus Sitompul, penahanan sendiri dilakukan karena Zz, sudah memenuhi syarat sebagai tersangka. Selain itu, dalam beberapa kali panggilan Zz selalu mangkir.

“Ya, sudah ditahan sejak Jumat (11/10) lalu dan di sel tahanan Mapolda Jabar,” ujar Martinus saat dihubungi, Rabu (16/10).

Ditambahkan Martin, nantinya Zz akan ditahan selama 20 hari namun bisa ditambah selama 20 hari kembali sesuai kewenangan penyidik. “Untuk kasus ini kita sudah memeriksa 7 orang saksi,” imbuhnya.

Sebelumnya, Zz dilaporkan dengan nomer laporan LPB/68/I/2013/Jabar oleh Rully Marta Sujana pada 23 Januari 2013, karena dugaan penipuan dan penggelapan atas pembelian tanah senilai Rp 12,4 miliar dan melakukan pembayaran menggunakan cek kosong.

Meski sebelumnya ZZ sudah membayar uang muka. Pelapor pun kemudian komplain kepada ZZ dan meminta agar sisanya pembayaran sisa Rp 11,4 miliar segera direalisasikan. Namun tidak ada realisasinya sama sekali. Bahkan selama proses itu berjalan, diam-diam ZZ telah mengagunkan tanah seluas 49.712 m2 itu ke Bank BNI Perintis Kemerdekaan senilai Rp 40 miliar. Akhirnya, ZZ dilaporkan ke Polda Jabar dengan tudingan penipuan dan penggelapan.

Akibat perbuatannya, mantan Rektor Unwim ini terancam akan dijerat dengan Pasal 378 dan atau 372 KUHP tentang Penipuan dan Penggelapan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. (VIL)

Komentar

komentar