Home » Hukum » Mantan Penjaga Kandang Ayam Diringkus Polisi

Mantan Penjaga Kandang Ayam Diringkus Polisi

Pencurian (ILUSTRASI)

Pencurian (ILUSTRASI)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Remaja lulusan SMP, AR (19), diringkus jajaran Reserse Kriminal Polsek Kiaracondong akibat menggasak sepeda motor di Jalan Ibrahim Adjie, Kelurahan Kebon Kangkung, Kecamatan Kiaracondong, beberapa waktu lalu.

Kepala Polsek Kiaracondong, Komisaris Sarce Christiaty, mengatakan, pelaku berhasil ditangkap di daerah Ciamis usai pihaknya mendapat laporan dari masyarakat yang kehilangan sepeda motor. “Tersangka ditangkap tanpa perlawanan di daerah Ciamis beserta barang bukti 10 unit kendaraan roda dua hasil pengembangan,” ujarnya saat ditemui di Mapolsek Kiaracondong, Selasa (10/9).

Sarce menambahkan, modus yang digunakan tersangka adalah dengan menggunakan kunci letter T atau astag, setelah sebelumnya mengincar kendaraan yang diparkir di tempat sepi, seperti di jalan atau kos-kosan. “Dalam aksinya AR bekerjasama dengan S yang sekarang masih buron dengan mengincar tempat sepi, setelah mendapat target, para tersangka merusak kunci kontak sepeda motor dengan menggunakan kunci T atau astag,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sarce mengungkapkan, bahwa para tersangka menjual kendaraan hasil curiannya ke daerah Ciamis, Panjalu, dan beberapa daerah lainnya dengan harga Rp 2 juta setiap unitnya.

“Kita mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam memarkirkan kendaraan dan dengan selalu menggunakan kunci ganda,” ucap Sarce.

Sementara itu, AR mengaku terpaksa melakukan aksinya lantaran terhimpit masalah ekonomi setelah dirinya dipecat dari pekerjaan sebelumnya, yakni menjaga kandang ayam. “Dari hasil nyuri motor hasilnya dibagi dua sama S. Saya jadi joki yang metiknya S,” katanya.

Akibat perbuatannya, tersangka akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan yang ancaman hukumannya 5 tahun penjara. (VIL)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.