Home » Headline » Polda Jabar Kerahkan Heli Pantau Mudik

Polda Jabar Kerahkan Heli Pantau Mudik

heli mudikJABARTODAY.COM – BANDUNG

Demi kelancaran masyarakat dalam perjalanan ke kampung halaman untuk bersilaturahmi, Kepolisian Daerah Jawa Barat mengerahkan dua helikopter untuk memantau dan mengawal lalu lintas saat arus mudik dan balik Idul Fitri.

“Helikopter itu, masing-masing dari Mabes Polri satu unit dan Polda Jabar satu unit,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Komisaris Besar Martinus Sitompul, usai gelar pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2013 di halaman Mapolda Jabar, Kamis (1/8).

Kendaraan taktis tersebut, diungkap Martin, akan standby di Cikopo dan Mapolda Jabar. Dua helikopter itu disiapkan mulai H-7 hingga H+7 lebaran.

“Pantauan situasi lalu lintas dari udara itu akan diinformasikan kepada pusat pengendali lalu lintas nasional atau biasa disebut National Traffic Management Centre (NTMC). Serta disampaikan juga ke RTMC Polda Jabar,” terangnya.

Kemudian, sambung Martin, NTMC dan RTMC mengabarkan situasi arus lalu lintas di wilayah Jabar ke posko-posko pengamanan yang mangkal di sepanjang jalur mudik. “Petugas di lapangan bisa langsung bergerak ke titik-titik yang terjadi kepadatan atau kemacetan untuk mengatur arus lalu lintas,” jelasnya.

Tak hanya itu, empat helikopter dari Palang Merah Indonesia juga ikut disiapkan selama arus mudik dan balik lebaran mendatang. (VIL)

Komentar

komentar