Home » Bandung Raya » PD Kebersihan Kekurangan Truk Sampah

PD Kebersihan Kekurangan Truk Sampah

truk sampahJABARTODAY.COM – BANDUNG

Permasalahan sampah di Kota Bandung secara nyata masih terkendala oleh beberapa faktor, yakni kesadaran masyarakat yang turut andil sebagai penghasil sampah, sarana dan prasarana tempat penampungan sementara (TPS) dan tempat pembuangan akhir (TPA), serta anggaran untuk ongkos penanggulangan sampah.

Hal tersebut terungkap dalam Sosialisasi Peraturan Walikota Bandung No 316/2013 tentang Tarif Jasa Pengelolaan Sampah yang diselenggarakan oleh PD Kebersihan Kota Bandung. Hadir sebagai narasumber, Kepala Dinas Kominfo Kota Bandung Bulgan Alamin, Kepala Bagian Pembangunan Doddy Ridwansyah, dan Direktur Utama PD Kebersihan Kota Bandung Cece H.Iskandar

Selain itu, kenaikan tarif sampah ikut disosialisasikan kepada masyarakat melalui para camat dan lurah se-Kota Bandung. Pada Mei nanti, tarif pengelolaan sampah menjadi Rp 3000 untuk rumah tangga hingga Rp 20 ribu untuk industri. “Kenaikan ini untuk meningkatkan pelayanan kita pada masyarakat, juga memperbaiki sarana dan prasarana kebersihan,” jelas Cece, usai sosialisasi di Hotel Yehezkiel, Kamis (25/4).

Menurut Cece, pihaknya menargetkan pendapatan Rp 20 hingga 25 miliar dengan kenaikan tarif ini, yang nantinya digunakan untuk membeli truk pengangkut sampah. “Kita hanya punya 103 truk, padahal kebutuhan kita adalah 140 truk. Ya, nantinya dengan uang itu kita perbanyak truk, juga kesejahteraan pegawai,” imbuhnya.

Kekurangan itu juga menjadi salah satu faktor keterlambatan pengangkutan sampah yang mengakibatkan tumpukan sampah di hampir seluruh wilayah Kota Bandung.  “Selain itu, jarak tempuh yang jauh antara TPS (tempat pembuangan sampah) dengan TPA (tempat pembuangan akhir) sekitar 45 kilo juga menjadi faktor keterlambatan,” paparnya.

Soal kenaikan tarif ini, diutarakan Cece, sudah sering dilakukan pihaknya melalui media massa, elektronik, serta sosialisasi kepada para camat dan lurah. Jadi, bila saatnya nanti telah diterapkan, masyarakat tidak akan terkejut lagi. (VIL)

Komentar

komentar