Home » Ekonomi » Kiansantang Butuh Sertifikasi

Kiansantang Butuh Sertifikasi

Kereta ApiJABARTODAY.COM – BANDUNG

Di wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional II Bandung, terdapat beberapa jalur yang rencananya direaktivasi, salah satunya rute Bandung-Cianjur.

Untuk itu, PT KAI melakukan berbagai upaya. Diantaranya, menyiapkan rangkaian KA. Sebenarnya, KA untuk jalur Bandung-Cianjur sudah siap, yaitu KA Kiansantang. “Persiapannya sudah 80-90 persen, termasuk jalur dan persinyalan,” ujar Kepala Humas PT KAI Daop II Bandung, Zunerfin, di Bandung, Kamis (20/3/2014).

Namun, sambung Zunerfin, hingga kini, pihaknya belum dapat mengoperasikan KA Kiansantang. Pasalnya, pihaknya masih menunggu hasil sertifikasi yang dilakukan Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian.

Diterangkan Zunerfin, hal itu sesuai dengan regulasi. Apabila ada rencana reaktivasi jalur yang sudah lama tidak berfungsi, seperti Bandung-Cianjur, salah satu syaratnya ada sertifikasi Kementerian Perhubungan. “Harapannya, sertifikasi itu dapat segera terselesaikan. Tapi, kami menyerahkan masalah ini secara sepenuhnya kepada pemerintah karena sertifikasi bukan merupakan kewenangan kami,” ucap Zun, sapaan akrabnya.

Jika terealisasi, Zun menyatakan, diproyeksikan okupansi penumpang KA Kiansantang sekitar 70 persen. Dasarnya, terang Zun, potensi rute Bandung-Cianjur cukup terbuka.

Selain itu, jalur itu pun dapat termanfaatkan masyarakat yang ingin melanjutkan perjalanan ke Sukabumi dan Bogor, bahkan Jakarta. Itu karena, tandas Zun, masyarakat dapat memanfaatkan KA Pangrango (Bandung-Sukabumi-Bogor). (ADR)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.