Home » Ekonomi » Dorong Produksi Kopi, PTPN VIII Siapkan Ribuan Hektare

Dorong Produksi Kopi, PTPN VIII Siapkan Ribuan Hektare

kopiiJABARTODAY.COM – BANDUNG

Untuk meningkatkan produksi kopi, berbagai langkah dan strategi jangka menengah disiapkan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII. Satu diantaranya, menyiapkan program penanaman kopi. “Banyak manfaat program ini. Diantaranya, konservasi alam dan pemberdayaan masyarakat,” ujar Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum PTPN VIII, Dikdik Koesnani.

 

Dalam rencana jangka menengah, Dikdik menuturkan, pihaknya menyiapkan program penanaman kopi seluas 2.700 hektare. Luas lahan itu, sambung dia, untuk program tiga tahun mendatang atau hingga 2017.

Dikdik mengemukakan, sejak dua tahun terakhir atau 2012, realisasi penanaman kopi mencapai luas 221,17 hektare. Tahun ini, rencananya, penanaman kopi meliputi 210 hektare lahan. Lokasinya, sebut Dikdik, tidak hanya di Cikembang, tetapi juga titik-titik lain. “Umpamanya, Ciwidey, Sinumbra, Ranca Bali, Purbasari, dan sebagainya,” kata Dikdik.

 

Berkenaan dengan konservasi, Dikdik menjelaskan, program penanaman kopi ini adalah untuk untuk penghijauan lingkungan. Menurutnya, kopi adalah tanaman yang mampu meminimalisir erosi. Ini sejalan dengan program pemerintah untuk menyelamatkan hulu Sungai Citarum.

 

Manfaat lain, tambah Dikdik, yaitu pada sisi ekonomi. Dikdik menyatakan, kopi tergolong komoditi berprospek cerah. Permintaan dan kebutuhan tidak hanya bersifat domestik, tetapi juga dari berbagai negara.

 

Soal jenis kopi, Dikdik menerangkan, adalah Arabica. Pasalnya, jelas dia, kopi jenis itu tergolong cepat panen. Masa panen Arabica dapat mulai bergulir sejak 3 tahun. “Pastinya, kopi memiliki manfaat ekonomi. Kopi menghidupi penduduk di negara ini,” tutup Dikdik. (VIL)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.