Home » Bandung Raya » Banyak Daerah Belum Lunasi Jamkesda

Banyak Daerah Belum Lunasi Jamkesda

Direktur Utama Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, dr. H. Bayu Wahyudi, MPHM, SpOG.

Direktur Utama Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, dr. H. Bayu Wahyudi, MPHM, SpOG.

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Kesehatan menjadi salah satu fokus utama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dasar itu yang membuat pemerintah menggulirkan berbagai program yang berkaitan dengan kesehatan. Diantaranya, Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda), yang teknisnya, dilakukan tiap-tiap pemerintah kabupaten/kota.
 
Namun, ternyata, sejauh ini, di Jawa Barat, masih banyak kabupaten/kota yang belum memenuhi kewajibannya untuk melunasi Jamkesda. “Ini dapat menghambat apalagi, pada 2014, BPJS (Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial) Kesehatan, yang selama ini, dijalankan oleh PT Askes, resmi beroperasi,” ujar Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat Hasan Sadikin Bandung, dr. H. Bayu Wahyudi, MPHM, SpOG, belum lama ini.
 
Menurutnya, nilai yang harus dibayarkan beberapa kota dan kabupaten di Jabar itu tergolong tinggi. Nilainya, sebut Bayu, Rp 70 miliar. Selain itu, kata dia, nilai klaim PT Askes pun tergolong tinggi, mencapai Rp 53 miliar.
 
Agar kota dan kabupaten memenuhi kewajibannya melunasi Jamkesda, Bayu mengungkapkan, pihaknya melakukan sudah menempuh sejumlah langkah. Diantaranya, mengirimkan surat kepada kota-kabupaten yang belum memenuhi kewajibannya supaya segera menyelesaikannya. (VIL)

Komentar

komentar