Home » Bandung Raya » Natal dan Tahun Baru, Industri Liburkan Pekerjanya

Natal dan Tahun Baru, Industri Liburkan Pekerjanya

natalJABARTODAY.COM – BANDUNG

Di Indonesia, ada beberapa momen yang membuat kalangan industri meliburkan aktivitas produksinya. Yaitu, Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru. Begitu pula dengan momen Natal 2013 dan Tahun Baru 2014.

Ketua DPD Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Jawa Barat Deddy Widjaya menyatakan, pada kedua momen itu, hampir seluruh industri meliburkan karyawannya. “Untuk industri skala kecil dan menengah, mereka meliburkan karyawannya pada 25 Desember 2013, yaitu saat Natal dan 1 Januari 2014,” ujar Deddy, Senin (23/12).
 
Lain halnya dengan industri skala besar. Menurutnya, industri-industri skala besar meliburkan operasionalnya, termasuk karyawannya, selama 1 pekan. Itu berlangsung, sambung Deddy, mulai 25 Desember 2013 sampai 1 Januari 2014. “Aktivitas kembali bergulir dan normal pada 2 Januari 2014,” tutur Deddy.

 

Deddy menyatakan, libur Natal 2013 dan Tahun Baru 2014 memang lama. Akan tetapi, ia menegaskan, hal itu tidak mengganggu produktivitas. Pasalnya, jelas Deddy, industri-industri, melakukan persiapan sebelum meliburkan para karyawannya.

 

Mengenai penggunaan listrik, Deddy menyatakan, secara otomatis, liburnya industri membuat tingkat konsumsi turun. Menurutnya, turunnya konsumsi listrik itu menghemat biaya operasional hingga 50%. (VIL)

Komentar

komentar