Home » Ekonomi » Akhir Tahun, Rute Cianjur-Sukabumi Siap Dilewati

Akhir Tahun, Rute Cianjur-Sukabumi Siap Dilewati

PT Kereta Api Indonesia (Persero)

PT Kereta Api Indonesia (Persero)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Sejak 2010, jalur Cianjur-Sukabumi tidak lagi beroperasi. Akan tetapi, tingginya potensi pada jalur itu membuat jajaran PT Kereta Api Indonesia segera melakukan re-aktivasi jalur tersebut. “Berdasarkan rencana, jalur tersebut kami operasikan pada 2014,” ujar Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional II Bandung, Jaka Djarkasih, di tempat kerjanya, Kamis (28/11).

Agar rencana re-aktivasi jalur Cianjur-Sukabumi berlangsung lancar, Jaka menyatakan, pihaknya melakukan berbagai langkah dan persiapan. Di antaranya, sebut dia, pihaknya melakukan pemantauan dan survey sepanjang jalur serta rute tersebut. “Sampai saat ini, kami masih terus melakukan berbagai perbaikan beberapa titik rute. Tingkat perbaikan, sejauh ini, mencapai 90 persen,” cetus Jaka.

Perbaikan itu, lanjutnya, tidak hanya jalur, tetapi juga sarana penunjang lainnya. Misalnya, ucap dia, sarana persinyalan. Kemudian, tambahnya, fasilitas lainnya, seperti stasiun dan sebagainya.

Jika sejumlah perbaikan tuntas, lanjut Jaka, PT KAI pun berencana melakukan ujicoba jalur. Hal itu, sambungnya, untuk memastikan kondisi jalur Cianjur-Sukabumi.

Pihaknya, ungkap Jaka, memproyeksikan seluruh perbaikan itu tuntas dalam waktu yang tidak lama. Maksimalnya, pada akhir tahun ini seluruh perbaikan jalur Cianjur-Sukabumi tuntas. Itu karena, diproyeksikan rute Cianjur-Sukabumi dapat beroperasi pada 2014. (VIL)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.