Home » Bandung Raya » RK Minta Mal Sediakan Ruang Bagi UMKM

RK Minta Mal Sediakan Ruang Bagi UMKM

Ridwan Kamil

Ridwan Kamil

JABARTODAY.COM – BANDUNG 

Tidak dipungkiri, hadirnya sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memang dapat menjadi penunjang pertumbuhan ekonomi. Melihat kondisi dan potensi itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyusun kebijakan yang pro UMKM.

“Bentuknya berupa surat edaran. Mudah-mudahan, pekan ini, surat edaran itu terbit,” ujar Walikota Bandung, Ridwan Kamil, saat peluncuran Gerakan Ekonomi Syariah pada gelaran Car Free Day Dago, Jalan Ir H Djuanda Bandung, belum lama ini.

Dalam surat edaran tersebut, lanjut RK, pihaknya meminta pasar moderen, seperti mal, yang memiliki luas lahan minimal 30 ribu meter per segi, untuk menyediakan ruang atau lahan bagi para pelaku UMKM. RK berpendapat, di Kota Bandung, mal atau pasar moderen yang berluas minimal 30 ribu per meter per segi cukup banyak.

         
Akan tetapi, sambung dia, pada praktiknya, jika SE tersebut terbit, lahan yang disediakan mal bagi para pelaku UMKM itu tidak bersifat gratis. Artinya, jelas RK, para pelaku UMKM yang ingin memanfaatkan lahan yang disediakan mal itu, wajib menyewanya. “Tarifnya tertentu. Kami siap memberi subsidi harga sewa,” sahut RK.
         
RK berpendapat, rencana penerbitan SE tersebut menjadi sebuah bukti bahwa jajarannya memiliki kepedulian pada pengembangan para pelaku UMKM, khususnya, di Kota Bandung. Namun, ternyata, tidak hanya SE yang menjadi strategi Pemkot Bandung untuk meningkatkan eksistensi para pelaku UMKM.
         
Rencananya, ungkap RK, pihaknya pun membangun UKM Center. Fasilitas tersebut, terangnya, berfungsi sebagai sarana pameran produk-produk UMKM dan inkubasi. Akan tetapi, kata RK, teknisnya, para pelaku UMKM yang  ingin memamerkan produk-produknya tidak terkena pungutan. Namun, wajib mengikuti proses seleksi. “TIdak itu saja, pelaku yang sudah berkembang, harus bergantian dengan pelaku lainnya. Ini supaya tercipta pertumbuhan yang merata,” jelasnya.
         
Upaya lainnya, ungkap RK, pihaknya pun siap memberikan bantuan bagi para pelaku UMKM. Bentuknya, sebut dia, skema penjaminan. Skema itu, tuturnya, melalui Goverment Found, yang sumber dananya APBD. (VIL)

Komentar

komentar