Home » Ekonomi » Libur Panjang, Tiket KA Laris

Libur Panjang, Tiket KA Laris

PT Kereta Api Indonesia (Persero)

PT Kereta Api Indonesia (Persero)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Di Indonesia, ada beberapa momen yang memicu terjadinya kenaikan volume penumpang angkutan massal, salah satunya Idul Adha. Pada perayaan Idul Adha 2013, yang bertepatan dengan 15 Oktober 2013, pemerintah memberlakukan cuti bersama pada Senin (14/10). Karenanya, tidak heran, jika volume penumpang kereta api mengalami peningkatan signifikan. Hal itu diamini Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional II Bandung, Jaka Jakarsih.

Menurutnya, tiket keberangkatan KA dari Bandung ke berbagai daerah, baik arah timur, maupun barat, khususnya, pada 11-12 Oktober 2013, habis terjual. “Rata-rata, okupansi keberangkatan pada 11-12 Oktober tahun ini sebanyak 100 persen,” ujar Jaka di Bandung, Senin (14/10).

Ia melanjutkan, melejitnya volume penumpang tersebut membuat pihaknya melakukan berbagai langkah antisipasi untuk memenuhi kebutuhan sekaligus menjaga pelayanan tetap prima. Satu diantaranya, dengan melakukan penambahan rangkaian kereta.

Untuk penambahan rangkaian, sambung Jaka, pihaknya memberlakukannya hanya pada KA Mutiara Selatan (Bandung-Surabaya). Normalnya, kata Jaka, rangkaian KA Mutiara Selatan terdiri atas 6 gerbong. “Kali ini menjadi 7 gerbong,” tandasnya.

Jaka berpendapat, kenaikan tersebut terjadi karena adanya libur panjang. Maka itu, banyak kalangan yang memanfaatkan momentum Idul Adha tersebut untuk berlibur. “Bisa saja, masyarakat berlibur hingga 20 Oktober. Jadi, bagi kami, cukup sulit memperkirakan puncak arus balik,” seru Jaka.

Menyikapi soal tingkat keamanan pada titik-titik rawan, Jaka menegaskan, jajarannya melakukan pengawasan dan pengamatan yang lebih intensif. Hal itu, terangnya, terutama, pada jalur-jalur rawan longsor dan banjir, baik jalur utara, maupun selatan. “Juru penilik jalan kami tambah. Itu supaya monitoring jalur-jalur lebih efektif dan maksimal,” tutup Jaka. (VIL)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.