Home » Ekonomi » Tiap Tahun, PT Pos Musnahkan Ribuan Prangko

Tiap Tahun, PT Pos Musnahkan Ribuan Prangko

PT PosJABARTODAY.COM – BANDUNG

Seiring berkembangnya teknologi komunikasi, aktivitas surat-menyurat makin terkikis dengan adanya surat elektronik atau e-mail juga pesan singkat (SMS). Hal itu diamini Direktur Retail dan Properti PT Pos Indonesia, Setyo Riyanto.

Menurutnya, merosotnya surat menyurat berimbas ke pemakaian perangko. “Tentunya masyarakat memilih yang bersifat elektronik karena efektif dan efisien. Tidak itu saja, pengiriman surat pun terjadi fenomena lain, yaitu pemanfaatan swasta,” ujar Setyo di Gedung Wahana Bhakti Pos, Senin (23/9).

Disebutkan, data survei PT Pos Indonesia, tahun lalu, pengguna pos hanya 8,6% dari seluruh kegiatan produksi surat di Indonesia. “Angka itu, kami anggap sangat kecil.” tukasnya.

Maka itu, seperti diutarakan Setyo, PT Pos Indonesia selalu menghancurkan perangko-perangko yang tidak lagi berlaku. “Penghancuran itu kami lakukan apabila perangko-perangko tersebut tidak terpergunakan saat melewati batas berlakunya,” akunya.

Setyo mengungkap, tiap tahunnya dimusnahkan perangko yang nilainya besar. Angkanya dapat mencapai Rp 12 miliar. Nilai pemusnahan tertinggi, tambah dia, terjadi pada 2014. Saat itu, nilainya mencapai Rp 14 miliar. Dalam satu tahun, imbuh Setyo, pihaknya menerbitkan 300 ribu perangko yang mayoritas dihancurkan. (VIL)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.