Wednesday , 13 November 2019
Home » Bandung Raya » Husen Didarati 9 Pesawat Delegasi

Husen Didarati 9 Pesawat Delegasi

jabartoday.com/net
foto: web

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Warga Jabar, khususnya Kota Bandung, pantas berbangga memiliki Bandara Husein Sastranegara. Pasalnya, meski untuk ukurang bandara internasional, ukuran dan sarananya tergolong minim, Bandara Husein Sastranegara kian dikenal publik mancanegara. Itu terjadi ketika berlangsungnya peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 yang baru saja bergulir.

Bagaimana tidak, ketika agenda yang diikuti para delegasi negara Asia dan Afrika tersebut bergulir di Kota Kembang, bandara “mungil” tersebut didarati 9 unit pesawat delegasi Peringatan KAA ke-60. “Benar. Ada 9 pesawat yang membawa delegasi KAA mendarat di Bandara Husein Sastranegara,” tandas Komandan Landasan Udara Husein Sastranegara, Kolonel Penerbang Ardhi Tjahjoko.

Perwira menengah TNI AU tersebut meneruskan, ternyata, mayoritas pesawat yang mendarat di Bandara Husein Sastranegara itu merupakan pesawat pribadi. Jumlahnya, sebut dia, sebanyak 6 unit. Sedangkan 3 unit lainnya, tambah Ardhi, adalah milik Garuda Indonesia.

Diutarakan, pendaratan pesawat-pesawat pembawa delegasi tersebut berlangsung pada 23 April 2015 malam. Satu di antaranya, ungkap Ardhi, pesawat yang membawa Presiden Republik Indonesia (RI) ke-7, Joko Widodo. “Yaitu pesawat kepresidenan bernomor BBJ 001,” tuturnya.

Pada malam yang sama, lanjutnya, juga tiba dlegasi Malaysia menggunakan Boeing 737-800 bernomor 9M-NAA. Kemudian, sambungnya, delegasi Kuwait menggunakan pesawat bernomor 9K-AJE. Selanjutnya, Venezuela menggunakan Falcon N957 CP, dan Afrika pesawat ZS-PVX. Diutarakan, kedatangan para kepala negara dan delegasi di Bandara Husein Sastranegara itu disambut para petinggi tatar Pasundan. Antara lain, Kapolda Jabar, Irjen Mochammad Iriawan, Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim, Wakil Gubernur Jabar,  Deddy Mizwar, dan beberapa Duta Besar Indonesia.  (ADR)