Home » Ekonomi » Lembaga Keuangan Butuh Ribuan Tenaga Kerja

Lembaga Keuangan Butuh Ribuan Tenaga Kerja

Lembaga keuangan saat ini sedang membutuhkan tenaga kerja cukup banyak. (ISTIMEWA)

Lembaga keuangan saat ini sedang membutuhkan tenaga kerja cukup banyak. (ISTIMEWA)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Untuk meningkatkan kinerja dan performa bisnis, dunia industri membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Hal itu pun berlaku pada industri-industri yang bergerak dalam bidang jasa keuangan, baik perbankan maupun non-perbankan.

“Memang benar. Lembaga-lembaga keuangan membutuhkan SDM-SDM. Jumlahnya pun tidak sedikit,” tandas Ina Primiana, Ketua STIE Ekuitas Bandung, di tempat kerjanya, Jalan PHH Musthopa Bandung, Kamis (19/9).

Menurutnya, jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan lembaga-lembaga keuangan sangat banyak. Diperkirakan, di Jawa Barat sendiri jumlahnya dapat mencapai ribuan orang untuk mengisi berbagai posisi.

Ina menyatakan, kebutuhan SDM-SDM itu tidak lain untuk menunjang dan mendongkrak kinerja sebuah lembaga keuangan.  Selain itu, sambungnya, kehadiran para SDM itu juga untuk meningkatkan daya saing mengingat tingkat persaingan semakin ketat seiring dengan segera bergulirnya agenda ASEAN Economic Community 2015.

Melihat hal itu, ucap Ina, pihaknya mencoba mengakomodir lembaga-lembaga keuangan tersebut dalam pemenuhan kebutuhan SDM mereka. “Maka itu, kita menggulirkan Job Expo,” sambungnya.

Ina berpendapat, ajang ini tidak hanya bermanfaat bagi lembaga-lembaga keuangan, tetapi juga untuk memberi kesempatan bagi para lulusan perguruan tinggi untuk memperoleh pekerjaan. Dalam ajang ini, sekitar 14 lembaga keuangan membuka peluang kerja, 9 diantaranya perbankan, asuransi, perusahaan pasar modal, dan sejenisnya. “Selain itu, kita juga mengadakan pelatihan soft skill (capacity building) dan studipreneur,” tandas Ina. (VIL)

Komentar

komentar