Home » Ekonomi » Jelang Idul Adha Persediaan Daging Sapi Berpotensi Turun

Jelang Idul Adha Persediaan Daging Sapi Berpotensi Turun

daging sapiJABARTODAY.COM – BANDUNG

Pada momen-momen tertentu, kerap terjadi peningkatan kebutuhan. Hal itu pun dapat terjadi pada momen Idul Adha tahun ini. Ketua DPD Persatuan Pedagang Pasar dan Warung Tradisional Jawa Barat, Usep Iskandar Widjaya, tidak membantah adanya kemungkinan kenaikan permintaan menjelang Idul Adha tahun ini.

Maka itu, Usep mengimbau pemerintah untuk menjaga pasokan pemenuhan kebutuhan Idul Adha, yaitu daging sapi. “Utamanya, daging sapi lokal,” ujar Usep, di Bandungg, Selasa (17/9).

Usep beralasan, tujuan penjagaan pasokan itu ada latar belakangnya. Dia berpandangan, biasanya satu pekan menjelang Idul Adha, pasokan daging lokal untuk pasar-pasar tradisional berkurang. “Turunnya dapat mencapai 30 persen,” ungkapnya.

Tidak tertutup kemungkinan, seperti dituturkan Usep, para spekulan memanfaatkan momentum Idul Adha untuk menyimpan stok daging sapi yang bertujuan untuk menaikkan harga jual. Jika itu terjadi, sambungnya, sangat memberatkan, tidak hanya bagi konsumen, tetapi juga pedagang.

Saat ini, harga daging sapi masih tergolong tinggi meski jika perbandingannya dengan beberapa pekan silam, lebih murah. “Rata-rata di bawah Rp 100 ribu per kilogram,” singkat Usep.

Memang, dikatakan Usep, Idul Adha masih cukup lama. Namun, pada saat belum ada permintaan yang meningkat, harga jual daging sapi tetap naik secara perlahan. Jika itu terjadi, tukasnya, tidak tertutup kemungkinan, harga jual daging sapi melejit tajam. “Mungkin, bisa naik 200 persen. Ini yang menjadi momentum untuk dimanfaatkan para spekulan,” tandasnya. (VIL)

Komentar

komentar