Home » Ekonomi » Kereta Bandung-Cirebon Segera Hadir

Kereta Bandung-Cirebon Segera Hadir

PT Kereta Api Indonesia (Persero)

PT Kereta Api Indonesia (Persero)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Untuk memperlancar arus angkutan, PT Kereta Api Indonesia berencana untuk menambah rute baru, yakni Bandung-Cirebon.  Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional II Bandung, Jaka Jarkasih, mengatakan, jika rencana itu terealisasi, KA Bandung-Cirebon bernama Ciremay Ekspres.

Sejauh ini, untuk memenuhi kebutuhan dan rute Bandung-Cirebon, PT KAI mengoperasikan KA Harina. “Harina itu bertolak dari Bandung langsung ke Semarang dan Surabaya. Namun, kami pun melayani penumpang yang hendak ke Cirebon menggunakan KA itu,” ujar Jaka di Bandung, Senin (16/9).

Jaka menyebut, selama ini pemberangkatan KA Harina dari Bandung berlangsung pada waktu malam. Sedangkan apabila KA Ciremay Ekspres positif beroperasi, hal itu berlangsung pada waktu siang. “Ini adalah sebagai upaya kami untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” sambung Jaka.

Namun begitu, sambungnya, pihak PT KAI belum dapat memastikan kapan KA Ciremay Ekspres beroperasi. Pasalnya, jelas Jaka, sejauh ini masih dilakukan pematangan rencana tersebut. “Kemungkinan besar, rute itu adalah Bandung-Cikampek-Cirebon,” paparnya.

Selain rute, kata dia, pihaknya pun terus mematangkan rencana lain yang tidak kalah penting, yakni berkenaan dengan tarif tiket. Hal itu, terangnya, masih dalam tahap pembicaraan dan penggodokan.

Seperti diungkap Jaka, yang menjadi pertimbangan PT KAI mengoperasikan KA Ciremay Ekspres adalah terbukanya pasar karena permintaan masyarakat atas destinasi tersebut. “Potensi pergerakan orang sangatlah besar,” singkatnya.

Pergerakan itu, tukasnya, berkaitan dengan beberapa hal. Antara lain, terang Jaka, berkenaan dengan potensi bisnis, mengingat wilayah Cirebon merupakan salah satu daerah yang mengalami pertumbuhan ekonomi cukup positif.

Ia memandang, kehadiran KA tersebut dapat memperkuat sistem pelayanan, utamanya, pada jalur utara. Itu karena, kilah dia, untuk memenuhi kebutuhan jalur utara, pihaknya hanya mengoperasikan KA Harina. “Jadi, masyarakat dapat memiliki pilihannya,” tutup Jaka. (VIL)

Komentar

komentar