Home » Ekonomi » Jabar Butuh Ikon dan Sentra Budaya

Jabar Butuh Ikon dan Sentra Budaya

Jawa_BaratJABARTODAY.COM – BANDUNG

Ketua Kamar Dagang dan Industri Jawa Barat, Agung Suryamal Soetisno, menilai Jabar memiliki potensi dan daya saing pariwisata, yang sebenarnya, tidak kalah oleh provinsi lain, termasuk Bali. Oleh karenanya, Tatar Pasundan memerlukan beberapa upaya mendongkrak kinerja sektor pariwisata.

Agung mengatakan, agar pariwisata lebih berkembang, sebaiknya Jabar memiliki ikon. “Ikon dapat menunjukkan identitas sekaligus kekuatan yang dapat menarik minat para wisatawan,” kata Agung di Sekretariat Kadin Jabar, Komplek Surapati Core, Jalan PHH Mustopha Bandung, Senin (9/9).

Selain ikon, sambung Agung, Jabar pun membutuhkan sentra-sentra yang berkaitan dengan pariwisata, umpamanya sentra batik yang memamerkan beragam produk batik khas Sunda, semisal Batik Cirebonan, Garutan atau Ciamisan.

“Sentra lainnya, yaitu pusat budaya. Kehadiran sentra-sentra itu sangat penting. Seperti di Yogyakarta, betapa majunya pariwisata provinsi bersejarah itu karena adanya sentra-sentra serta ikon,” terang Agung.

Agung sendiri tidak menampik, bila sejauh ini pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan sektor pariwisata, yaitu melalui beragam promosi. Akan tetapi, ia menilai hasilnya belumlah optimal. “Sumber daya alam, seperti pegunungan vulkanik? Jabar punya. Sebut saja, Gunung Tangkubanparahu. Pantai? Jabar punya Pelabuhan Ratu, Pangandaran, dan lainnya, yang juga tidak kalah eksotisnya. Ini harusnya menjadi kekuatan besar Jabar,” tandasnya. (VIL)

Komentar

komentar