Home » Ekonomi » Polisi Waspadai Peredaran Uang Palsu

Polisi Waspadai Peredaran Uang Palsu

(tokoonline88.com)

(tokoonline88.com)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Sebelum, hari-H, dan sesudah lebaran, masyarakat berbondong-bondong untuk mendatangi tempat keramaian, baik itu tempat rekreasi maupun pusat perbelanjaan.

Dari seluruh tempat tersebut, tidak sedikit transaksi yang melibatkan uang banyak dilakukan masyarakat. Hal tersebut menjadikan pihak kepolisian mewaspadai adanya peredaran uang palsu.

Seperti dinyatakan Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Bandung, Komisaris Besar Sutarno, bahwa peredaran uang palsu menjadi salah satu atensi pihaknya berdasarkan pengalaman beberapa tahun ke belakang peredaran uang palsu kerap marak di beberapa daerah dan hal tersebut tidak dipungkiri bisa terjadi di Kota Bandung.

‪‪”Walaupun belum ada laporan, kita tetap hati-hati dan waspada. Begitu juga masyarakat, harus mempunyai sikap yang sama,” ujar Sutarno di Mapolrestabes Bandung, Kamis (25/7).

Kapolrestabes juga meminta peran serta masyarakat dalam menghadang tindak kriminal ini. Caranya adalah dengan memeriksa uang yang dibelanjakan terlebih dahulu, melalui 3D, yakni diterawang, diraba dan dilihat. “Apalagi kalau ada yang berbelanja dalam jumlah besar, kecurigaan dan kewaspadaan patut dimiliki,” ucapnya.

Namun, lanjut Sutarno, lebih baik bila antisipasi dilakukan dengan penjual menggunakan alat ultraviolet agar keaslian uang lebih terjamin. “Ya, mudah-mudahan di Bandung tidak terjadi seperti itu. Tapi kita tetap waspada dan terus memonitor,” harapnya. (VIL)

Komentar

komentar