Home » Ekonomi » Harga Emas Turun, Momen Tepat Beli Perhiasan

Harga Emas Turun, Momen Tepat Beli Perhiasan

harga-emas.com

harga-emas.com

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Masyarakat yang ingin memiliki emas dalam bentuk fisik, baik batangan maupun perhiasan, saat ini adalah waktu yang cukup tepat. Pasalnya, harga jual emas dunia kembali turun.

Assistant Vice President PT Valbury Asia Futures, Ervan Permadi, membenarkan bila harga jual logam mulia tersebut memang turun. Pada Senin (10/6), sekitar pukul 13.30, dikatakan Ervan, harga jual emas dunia berada pada level US 1.381 dollar per troyounce.
“Jumat (7/6) kemarin harga jualnya masih melebihi 1.400 dollar per troyounce, yaitu 1.440,” ujar Ervan di tempat kerjanya, Senin siang.

 

Ervan mengemukakan, dalam dua tahun terakhir atau sejak 2011, harga jual emas turun dua digit, sekitar 17% dan itu tergolong tinggi.Ervan berpendapat, ada beberapa hal yang dapat menjadi pemicu turunnya harga jual emas. “Yaitu, beredarnya informasi mengenai menguatnya sektor non-pertanian di AS. Satu diantaranya, tingginya penyerapan tenaga kerja yang mencapai 175 ribu orang,” jelasnya.
Situasi itu, sambung Ervan, menyebabkan nilai tukar dollar menguat. Jika nilai tukar mata uang Amerika itu menguat, berefek pada harga jual emas dunia. Ervan memprediksi hingga kuartal III tahun ini, harga emas masih fluktuatif. “Ada di kisaran level 1.300-1.500 dollar per troyounce,” singkatnya.

 

Berkaitan dengan kondisi ini, Ervan menyarankan para investor emas yang menggeluti trading, sebaiknya tidak melakukan perdagangan atau jual-beli secara long term. “Sebaiknya, lakukan trading secara short term. Jangan tahan emas,” usul Ervan.

 

Lain halnya dengan publik yang memilih investasi emas dalam bentuk fisik. Dia berpandangan, saat ini merupakan momen yang tepat untuk melakukan pembelian. “Jika ingin menjualnya, sebaiknya para pembeli atau pemilik emas fisik, seperti perhiasan, menahannya terlebih dahulu selama sekitar 2-3 tahun. Tunggu harganya kembali naik dan stabil,” imbuhnya.

 

Turunnya harga emas diamini Buana Tanudjaja, pemilik Toko Emas Buana yang terletak di Jalan Ahmad Yani Bandung. Buana menyebut, saat ini harga jual emas lokal berada pada angka Rp 436.500 per gram dari sebelumnya Rp 440.000 per gram.

Sedangkan emas batangan, beberapa hari lalu, harga jualnya sekitar Rp 455.000-460.000 per gram. Sekarang sekitar Rp 445.000-450.000 per gram lah,” ungkap Buana.

 

Ia mengaku, kondisi itu membuat tingkat pembelian emas oleh konsumen meningkat. Kenaikannya, beber Buana, sekitar 5-10% lebih tinggi daripada beberapa hari silam.  (VIL)

 

Komentar

komentar