Home » Ekonomi » Harga Emas Stabil 5 Tahun Mendatang

Harga Emas Stabil 5 Tahun Mendatang

harga-emas.com

harga-emas.com

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Sejak beberapa pekan terakhir harga jual emas dunia menukik tajam. Pekan lalu, harga jualnya sempat berada pada level $ 1365 per troyons. Pada Selasa (30/4) malam, harganya sempat menguat pada level $ 1470.

“Tapi, kondisi ini tidak lama. Kondisi saat ini masih belum usai. Jadi, sebaiknya harus berhati-hati,” tukas Nico Omer Jockheere, Vice President and Analyst PT Valbury Asia Futures, beberapa waktu lalu.

Pria Belgia ini memperkirakan harga jual emas dalam beberapa waktu mendatang akan kembali turun tajam dan mencapai level sekitar $ 1302 per troyons. Tidak tertutup kemungkinan, harganya kembali drop sampai $ 1287, bahkan $ 1000.

Untuk menstabilkan harga emas, menurut Nico, perlu waktu yang cukup lama. Situasi saat ini, ucapnya, mirip dengan yang terjadi pada 1975-1976, yaitu mencapai $ 35  per troyons.

Namun, kondisi itu tidak lama karena harga emas kembali turun menjadi $ 105 per troyons emas. Meski begitu, tambahnya, memasuki awal 1980, harga emas langsung melejit fantastis, mencapai $ 809.

“Turunnya harga emas saat ini karena adanya penjualan emas besar besaran. Bahkan, penjualan itu melebihi produksi emas dalam dua tahun,” terangnya.

Secara ritel, kata dia, ini merupakan momen yang tepat untuk membeli emas. Akan tetapi, secara kertas atau investasi melalui pasar modal, semisal bursa, momennya tidak tepat. “Tunggu saja, sampai posisi terendah. Sabar,” singkatnya.

Diprediksi harga emas dapat kembali stabil sekitar 4-5 tahun mendatang. Kemungkinannya, bisa menembus $ 8.000 per troyons atau naik 100-200 dolar setiap harinya.

Potensi naiknya harga emas itu terbuka apabila bank sentral dunia, didukung perbankan sentral negara-negara besar mencetak uang yang banyak. Tujuannya untuk memberikan stimulan, bail out, atau sejenisnya. “Jika itu terjadi, harga emas kembali melejit dan normal,” pungkasnya. (VIL)

Komentar

komentar