Home » Ekonomi » Jamsostek Kucurkan Miliaran Rupiah Untuk Beasiswa

Jamsostek Kucurkan Miliaran Rupiah Untuk Beasiswa

aJABARTODAY.COM – BANDUNG Memajukan dunia pendidikan menjadi salah satu perhatian PT Jamsostek (Persero). Itu terlihat ketika BUMN Cabang Bandung tersebut menggulirkan program yang berkaitan dengan dunia pendidikan, yakni beasiswa. Kepala PT Jamsostek Kantor Cabang Bandung Yamin Pahlevi membenarkan pihaknya mengucurkan dana beasiswa miliaran rupiah dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei 2013.

“Secara total, penyerahan beasiswa yang kami lakukan sekarang nilainya mencapai Rp 1,03 miliar,” ungkap Yamin, saat ditemui, Kamis (2/5).

Yamin menambahkan, pada tahun 2012, pihaknya pun mengucurkan dana beasiswa yang nilainya sebesar Rp 383,4 juta. “Jumlah penerima dana beasiswa pada tahun lalu adalah 184 pelajar dan mahasiswa,” sebutnya.

Diutarakannya, secara total, selama 3 tahun terakhir, pihaknya mengucurkan dana bea siswa melebihi angka Rp 1,5 miliar. Sejak 2010, lanjut dia, total nilai beasiswa yang diberikan sebesar Rp 1,714 miliar untuk 842 pelajar dan mahasiswa.

Yamin menuturkan, dana beasiswa yang terangkum dalam program Kemitraan dan Bina Lingkungan itu diperuntukan bagi para pelajar, mulai level SD hingga perguruan tinggi. “Sekitar 506 pelajar,” ujarnya.

Dikatakan, nilai yang diterima para pelajar itu berbeda. Untuk tingkat SD dan SMP, nilai beasiswanya sebanyak Rp 1,8 juta per orang, pelajar SMA serta kalangan mahasiswa, angka beasiswanya Rp 2,4 juta per orang.
“Tentunya yang menerima adalah anak-anak para pekerja yang tercatat sebagai peserta Jamsostek,” imbuhnya.

Selain itu, dituturkan Yamin, pekerja tersebut memiliki upah minimalnya, setara upah minimum kota-kabupaten (UMK). “Anak seorang peserta Jamsostek yang minimalnya 1 tahun, berhak memperoleh dana beasiswa,” terangnya.

Tidak hanya itu, para penerima dana beasiswa pun harus memiliki catatan prestasi akademik yang positif pada masing-masing sekolah dan perguran tingginya. “Untuk level pelajar, menempati ranking 1-10. Sementara bagi kalangan mahasiswa, minimalnya, memiliki IPK 2,7,” tandasnya. (VIL)

Komentar

komentar