Friday , 15 November 2019
Home » Pendidikan » Wuih, Kampus ITB Jatinangor Telan Dana Rp. 1 Triliun

Wuih, Kampus ITB Jatinangor Telan Dana Rp. 1 Triliun

ITB telah menggelontorkan dana hingga Rp 1 triliun untuk pembangunan fisik kampus ITB Jatinangor. (Direktorat Pengembangan ITB)

JABARTODAY.COM – SUMEDANG

Selain menempati kampus lama di Jalan Ganesha, kini ITB memiliki kampus baru di Jatinangor, Sumedang . Kampus itu adalah bekas  kampus  Universitas Winaya Mukti  (Unwim) yang pengelolaannya dialihkan ke ITB.

Ketua  Tim Pengembangan  Multi  Kampus ITB Jatinangor,  Prof.  Indratmo Soekarno mengatakan, ITB telah menggelontorkan  dana hingga  Rp 1 triliun untuk pembangunan fisik kampus ITB  Jatinangor.  Anggaran itu dialokasikan untuk menyiapkan sarana jalan, laboratorium, renovasi  dan revitalisasi  asrama dan laboratorium lama, serta membangun pagar. Selain itu, juga akan dibangun  asrama yang mampu menampung hingga 512 mahasiswa.

“Kampus  ini  nantinya berorientasi pada bio-engineering,  water engineering, dan teknologi pascapanen,” ujar Indratmo.

Indratmo menyebutkan, ITB Jatinangor juga  disiapkan sebagai pusat inovasi alat-alat perkakas mekanik, seperti membuat prototype produk-produk industri. Di samping bertujuan untuk mengembangkan riset, ITB Jatinangor juga berencana akan terjun ke dunia bisnis.

ITB Jatinangor akan diproyeksikan untuk menampung hingga 2.700 mahasiswa  pada  2025. “Tidak akan ada pembedaan proses dan  kualitas pendidikan  antara kampus Ganesha dengan kampus Jatinangor. Seluruh penunjang pendidikan  sesuai standar ITB.

Kampus ITB di Jatinangor berencana  menampung 200 sampai 300 mahasiswa baru di lima program  studi  (prodi), pada tahun akademik 2012-2013.

Prodi-prodi itu yakni Prodi Bio-engineering,  Ilmu Perhutanan,  dan Prodi Ilmu Pertanian. Ketiganya  di bawah  atap Sekolah Ilmu Teknologi Hayati (SITH).  Lalu, dua prodi  lainnya yaitu Prodi Infrastuktur dan Sanitasi Lingkungan serta Prodi Sumber  Daya Air, bernaung di bawah naungan Fakultas Teknik  Sipil  dan Lingkungan.  (Nur Fauziah)