Ungguli RG, Rosan Nahkodai Kadin

jabartoday.com/net
jabartoday.com/net
JABARTODAY.COM – BANDUNG — Setelah melalui berbagai proses yang cukup panjang, mulai sosialisasi hingga pemilihan suara, akhirnya, Kadin Indonesia, untuk periode 2015-2020, memiliki nahkoda baru. Adalah pria berdarah asli Rajadesa Kabupaten Ciamis, Rosan P Roeslani, yang kini menjadi pucuk tertinggi Kadin Indonesia.

Pria yang bersama Erick Thohir, yang merogoh kocek bernilai Rp 8,3 triliun guna menguasai 51 persen saham raksasa Lega Calcio Seri A, Internazionale “Nerrazurri” Milan tersebut, dalam Musyawarah Nasional (Munas) Kadin Indonesia di Hotel Trans Luxury Bandung, Selasa (24/11) malam, meraih suara mayoritas. Ayah tiga anak ini mengumpulkan 102 suara, mengungguli mantan Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel (RG), yang meraup 27 suara.

Rosan mengemukakan, sebagai organisasi dunia usaha, sangat ideal apabila Kadin berposisi sebagai mitra sejajar pemerintah. Selain itu, sambungnya, Kadin pun menjadi pihak pemberi informasi penting berkaitan dengan kondisi dunia usaha di tanah air. Termasuk, ucapnya, memberi informasi positif tentang perekonomian kepada pemerintah, selaku stake holder.

Rosan berpandangan, Kadin memiliki kebergantungan pada sikap kooperatif pemerintah. Utamanya, sambung dia, dalam hal yang berkenaan dengan regulasi-regulasi, semisal tentang aturan perdagangan.

Rosan mengatakan, bangsa dan negara ini punya peluang untuk kembali berjaya. Salah satunya, sahut Rosan, melalui pembangunan sektor industri nasional yang sehat dan berdaya saing. Dikatakan, agar sektor industri nasional mengalami pertumbuhan signifikan dan sehat sekaligus lebih berdaya saing, baiknya, ada pembatasan impor. “Bangun industri berdasarkan skala prioritas,” katanya.

Di antara beberapa sektor, Rosan melihat sektor kemaritiman penggarapannya belum optimal dan serius. Untuk itu, tegas dia, tidak ada salahnya, sektor tersebut mendapat dorongan karena merupakan salah satu potensi dan kekuatan ekonomi nasional. (ADR)

Related posts