Sunday , 5 April 2020
Home » Bandung Raya » Tim Penjaringan Lihat Kepantasan Balon Walikota Bandung

Tim Penjaringan Lihat Kepantasan Balon Walikota Bandung

Tim Penjaringan Konvensi DPC Partai Demokrat Kota Bandung memaparkan proses penjaringan calon walikota dan wakil walikota Bandung, Minggu (9/7). (jabartoday/eddy koesman)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Ketua Tim Penjaringan Konvensi DPC Partai Demokrat Kota Bandung Aan Andi Purnama mengungkapkan, seluruh anggota tim penjaringan adalah kader partai ini. Tugas ketujuh anggota tim ini, akan melihat dan menyeleksi bakal calon peserta konvensi. “Mereka akan melihat kepantasannya,” sahut Andi, di Sekretariat DPC Partai Demokrat Kota Bandung, Minggu (9/7).

Sehingga, kata Andi, mekanisme konvensi ini bukan membuka pendaftaran, tetapi melakukan penjaringan calon kepala daerah.  Tim akan mencari dan menawarkan tokoh-tokoh tertentu untuk ikut dalam konvensi. “Kalau mekanismenya mendaftar, semua orang daftar,” kata Andi.

Andi mengatakan, Tim Penjaringan Konvensi akan bekerja objektif dalam menyaring kandidat calon wali kota dan wakil wali kota. “Tim penjaringan itu panitia konvensi, jadi bukan orang yang menilai peserta konvensi. Yang memberikan penilaian masyarakat. DPC pun tidak berwenang menentukan pemenang. Poin pentingnya,  mereka yang sudah pasti akan dijaring, baik dari internal maupun eksternal partai,” urai Andi.

Bagi orang yang non-partai, lanjut Andi, dengan konvensi ini mereka memiliki peluang sama menjadi calon wali kota atau wakil wali kota. Selain itu, masyarakat juga memiliki alternatif calon.

Selain enam orang yang sudah mengembalikan formulir pendaftaran hingga Sabtu (8/7). Pada hari ini, Ketua Komisi C DPRD Kota Bandung Entang Suryaman menjadi orang ketujuh yang mengembalikan formulir pendaftaran. Bila tidak ada aral melintang, Senin (10/7), rencananya balon yang mengembalikan formulir pendaftaran adalah Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto dan mantan Ketua Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Muhammad Jumhur Hidayat, Ruli Khaerul, unsur DPP Partai Demokrat juga disebut Samsi Salmon, mantan anggota DPRD Kota Bandung, akan ikut dalam konvensi Partai Demokrat. Mereka mendapat undangan dan mengambil formulir.

“Saat ini sudah 7 orang mengembalikan formulir dari 11 formulir yang diambil. Ini luar biasa, sebab antusias masyarakat juga ternyata banyak yang tertarik mengikuti konvensi,” klaim  Andi.

Andi menjelaskan, pengembalian formulir dibuka hingga 10 Juli 2017 besok. Dalam konvensi, nantinya para calon akan diperkenalkan ke masyarakat Kota Bandung. Para kandidat diharapkan mampu meyakinkan ide dan gagasannya dalam memimpin Kota Bandung ke depan. “Kegiatan tersebut mulai 12 Juli hingga bulan September 2017,” imbuh Andi.

Sebelum diperkenalkan pada masyarakat, jelas Andi, akhir Juli akan ada launching balon peserta konvensi. Selanjutnya, pihaknya melakukan survei untuk mengetahui popularitas dan elektabilitas masing-masing calon. “Bulan September harus sudah ada dua nama yang akan kita serahkan ke DPP untuk ditetapkan sebagai calon yang diusung partai,” pungkas Andi.