Wednesday , 20 November 2019
Home » Bandung Raya » Tiket KA Idul Fitri Masih Tersedia

Tiket KA Idul Fitri Masih Tersedia

Kereta ApiJABARTODAY.COM – BANDUNG

Ada beberapa tradisi dan kebiasaan di negeri ini pada momen-momen tertentu. Satu diantaranya, momen Idul Fitri. Hampir setiap tahunnya, pada momen tersebut, berlangsung tradisi mudik. Karenanya, PT Kereta Api Indonesia melakukan berbagai persiapan untuk menyikapi momen tersebut. Pasalnya, pada momen itu, kerap terjadi peningkatan volume penumpang. Perkiraannya, tahun ini pun, penumpang KA berpotensi meningkat.

Untuk memudahkan masyarakat memperoleh tiket, PT KAI, beberapa waktu lalu, menerapkan pemesanan dan penjualan melalui sistem on-line. Hasilnya, luar biasa. Pemesanan melonjak drastis. Namun, hal itu bukan berarti tiket KA untuk Idul Fitri 2014 ludes terjual.

“Benar. Kalau berdasarkan pemesanan, tiket habis. Tapi, tidak semua masyarakat yang memesan tiket, melakukan pembelian. Soalnya, jika dalam waktu 3 jam pasca pemesanan konsumen tidak melakukan pembayaran, tiket yang terpesan itu kami jual lagi,” tandas Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional II Bandung, Zunerfin, Jumat (30/5/2014).

Meski demikian, Zunerfin tidak membantah bahwa tiket angkutan Idul Fitri 2014 pada beberapa tanggal tertentu habis terjual. Tiket-tiket yang habis terjual itu, ungkapnya, pada tanggal keberangkatan 24-27 Juli 2014. “Tiket keberangkatan pada tanggal 29 masih tersedia, meski tidak terlalu banyak,” ucapnya.

Sedangkan tiket keberangkatan 22 dan 28 Juli 2014, yaitu saat Idul Fitri 2014 berlangsung, masih banyak. Ada sekitar ratusan tiket yang tersedia, ucap mantan Kepala Humas PT KAI Daop III Cirebon itu, pada 22 dan 28 Juli 2014.

Guna memberi pelayanan dan memenuhi kebutuhan pada masa angkutan Idul Fitri 2014, Zunerfin meneruskan, pihaknya siap mengoperasikan 42 perjalanan KA reguler. “Ke-42 perjalanan KA reguler itu, jelasnya, terdiri atas 36 KA komersil dan 6 KA Ekonomi. Kami pun menambah rangkaian. Penambahannya sebanyak 8 rangkaian,” sahut dia.
 
Setiap harinya, jelas dia, secara keseluruhan, tersedia sebanyak 12.280 tempat duduk. Jumlah itu, terangnya, terdiri atas 7.720 tempat duduk KA reguler dan 4.560 tempat duduk KA tambahan.
 
Zunerfin memperkirakan, jumlah penumpang pada masa angkutan Idul Fitri tahun ini lebih banyak 1,,01 persen daripada momen yang sama 2013, yang jumlahnya 2.016.446 orang. “Kami prediksikan, volume penumpang angkutan Idul Fitri tahun ini sebanyak 2,042.343 orang,” tutupnya. (ADR)