Home » Nasional » Terkait Corona, Kang Jana Layangkan Surat Terbuka pada Presiden Jokowi

Terkait Corona, Kang Jana Layangkan Surat Terbuka pada Presiden Jokowi

JABARTODAY.COM-JAKARTA. Keragu-raguan dan kekurangsigapan langkah pemerintah pusat dalam menangani penularan Covid 19 yang telah menjadi pandemi global, mengundang keprihatinan banyak pihak. Kondisi ini mendorong warganet yang juga aktifis sosial, Sujana Sulaiman atau akrab dipanggil “Kang Jana” untuk melayangkan surat terbuka kepada Presiden RI, Joko Widodo. Berikut selengkapnya isi surat terbuka tersebut.

Yth. Pak Jokowi
Presiden RI 

Pertama-tama kami menyampaikan turut berbelasungkawa atas wafatnya Ibunda tercinta. Semoga almarhumah husnul khatimah.
Aamiin.!

Kami sangat paham Bapak sekeluarga dalam keadaan sangat berduka, lebih-lebih Bapak pribadi yg memiliki hubungan sangat erat dengan almarhumah Ibunda Sudjiatmi. Kehilangan Ibu yang sangat kita cintai dan kita hormati pasti akan membuat kita sangat kehilangan..

Pak Jokowi…
Situasinya semakin memburuk, oleh karena itu dengan berat hati, sekalipun Bapak dalam keadaan berduka, kami kirimkan surat terbuka ini, semoga dapat diterima dengan baik.

Pak Jokowi…
Kami yakin, Bpk berada dalam situasi yang tidak mudah saat ini, perkenankanlah kami mengajukan 2 (dua) nasihat dari para guru.

Semoga dapat membantu Bapak.

1. Para Ahli
Rasulullah Muhammad saw menyampaikan dalam satu hadits yang sangat populer “bahwa suatu urusan harus kita serahkan kepada ahlinya, apabila hal tersebut tidak kita lakukan maka tunggulah waktu kehancurannya.

Soal Wabah Covid-19 ini, kalangan yang ahli adalah mereka Para Guru Besar dan Doktor di kampus-kampus serta di Lembaga-lembaga riset. Demikian juga mereka yg bergabung di Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan organisasi-organisasi sejenisnya.
Mohon berkenan Bapak lebih banyak meminta pertimbangan, saran dan pendapat dari mereka. Insya Allah mereka tidak mempunyai vested interest dan agenda tersembunyi kecuali memberi masukan dan saran hanya untuk kebaikan bangsa dan negara kita.

2. Shalat Istikharah
Pak Jokowi, kami mengira Bapak sudah paham dan terbiasa melakukannya, tetapi perkenankan kami menyampaikannya kembali.

Apabila kita dihadapkan dengan pilihan-pilihan yang sulit, hendaklah kita meminta kepada Allah SWT agar diberikan pilihan yang paling baik melalui Shalat Sunnah Istikharah.

Kita sangat yakin bahwa Islam adalah agama yang sempurna, sehingga setiap masalah sesulit apa pun pasti ada jalan keluarnya yang terbaik.

Pak Jokowi…
Setelah Bapak melakukan 2 (dua) hal di atas. Pada akhirnya Bapak harus memilih dan mengambil keputusan..
Apakah Bapak akan melakukan Karantina _(Lockdown)_ atau tidak, sekurang-kurangnya di DKI Jakarta dan/atau di Jabotabek sebagai episentrum Wabah Covid-19.

Pak Jokowi…
Apabila Bapak sudah mengambil keputusan, dalam al Quran kita diajarkan untuk bertawakal kepada Allah :

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللّٰهِ لِنْتَ لَهُمْ ۚ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيْظَ الْقَلْبِ لَا نْفَضُّوْا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَا عْفُ عَنْهُمْ وَا سْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِى الْاَ مْرِ ۚ فَاِ ذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِيْنَ

_”Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampun untuk mereka, dan bermusyawaralah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal.”
(Ali ‘Imran 159)

Pak Jokowi…
Mintalah bantuan dan pertolongan hanya kepada Allah SWT.
Semoga dalam bimbingan, lindungan dan ridha Allah SWT, Bapak membuat keputusan terbaik untuk bangsa dan negara Indonesia.
Barakallah…
Aamiin.!

Tebet, 26 Maret 2020
Sujana Sulaeman
– Kang Jana –