Telkom-Sony Sepakat Garap TMB

jabartoday.com/erwin adriansyah
jabartoday.com/erwin adriansyah
JABARTODAY.COM – BANDUNG — Meningkatkan performa bisnis dan pelayanan dapat melalui berbagai cara. Di antaranya, menjalin kerjasama. Hal itulah yang dilakukan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom).

Lembaga BUMN yang bergerak dalam bidang telekomunikasi itu, Kamis (15/10), di Lantai 7 Gedung Merah Putih, Kantor Pusat PT Telkom Tbk, Jalan Japati Bandung, bersepakat dengan perusahaan raksasa Jepang yang berbasis teknologi, Sony FeliCa. “Bentuk kerjasamanya yaitu mengimplementasikan platform baru melalui pemanfaatan teknologi Near Field Communication (NFC), ” tandas Indra Utoyo, Direktur Inovasi dan Strategi Portofolio PT Telkom, usai pendandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PT Telkom Tbk dan Sony FeliCa.

Bersama perusahaan Negeri Matahari Terbit tersebut, Indra Utoyo mengatakan, pihaknya segera menerapkan platform baru tersebut dalam hal pelayanan transportasi Trans Metro Bandung (TMB) seiring dengan adanya permintaan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, yang tujuannya, untuk mempermudah sekaligus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dalam kerjasama selama 3 tahun itu, pihaknya, lanjut dia, dan Sony FeliCa membuat smartcard yang fungsinya, sebagai alay pembayaran transportasi TMB.

Diutarakan, penggarapan TMB merupakan pilot project e-payment transportasi di Indonesia. Rencananya, jelas dia, penggunaan sistem e-payment TMB bergulir November 2015. Pada tahap awal, sebut dia, penggunaan sistem e-payment itu untuk 10 unit bus TMB. “Karenanya, kami terus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat,” tuturnya.

Secara bisnis, kata Indra, kerjasama ini pun memberi benefit bagi PT Telkom Tbk. Pihaknya memperoleh revenue berupa persentase penjualan tiket atau kartu tersebut. Akan tetapi, Indra berkeberatan menyebut angka persentase tersebut. “Yang jelas, ini tidak hanya soal bisnis, tetapi bagaimana meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang transportasi,” kilahnya.

Di tempat sama, Senior General Manager FeliCa Business Division Sony Corporation, Kazuyuki Sakamoto, mengemukakan, sejauh ini, beberapa negara menggunakan teknologi yang dikembangkan Sony FeliCa. Yaitu, sebut pria yang cukup fasih berbahasa Inggris ini, Jepang dan Hong Kong. (ADR)

Related posts