Telkom Perkuat Bisnis di Malaysia

telkomJABARTODAY.COM – BANDUNG –– Memperkuat jaringan bisnis menjadi salah satu strategi yang diusung para pelaku bisnis. Hal itu pun menjadi opsi PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) untuk terus meningkatkan kinerja bisnisnya.

Lembaga BUMN yang bergerak dalam bidang telekomunikasi itu terus melakukan berbagai langkah dan upaya untuk mengembangkan sekaligus memperkuat jaringan pasarnya. “Kami tidak hanya fokus pasar dalam negeri. Akan tetapi, kami pun memperkuat pasar internasional. Salah satu pasar yang kami perkuat yaitu Malaysia. Dasarnya, kami ingin meningkatkan daya saing sekaligus leader pada pasar regional,” tandas CEO Telkom Indonesia (Telin), Ok Wiranto, pada Kuliah Umum Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) di Telkom University, Jalan Terusan Buah Batu Bandung, belum lama ini.

Dalam menjalankan dan memperluas jaringan bisnis, pihaknya menerapkan sebuah strategi. Yaitu, ungkapnya, melalui berbagai pendekatan. Satu di antaranya, tuturnya, pendekatan universal.

Menurutnya, apabila pihaknya mengusung nilai-nilai dan ciri khas Indonesia, hal itu tidak sesuai. Pasalnya,a jelas dia, tidak semua kultur Indonesia diterima publik Negeri Jiran. Selain itu, tambah dia, idealisme dan nasionalisme publik Malaysia pun tergolong tinggi dan menjadi tantangan bagi jajarannya. Karenanya, ucap Oki, pihaknya mengedepankan strtegi pendekatan universal.

Oki berpendapat, pihaknya pun mendapat tantangan lain dalam melakukan ekspansi bisnis di Malaysia. Adalah regulasi, sahut Oki. Dia berpendapat, regulasi di Malaysia tergolong ketat, terutama, untuk memproteksi industri dan produk lokalnya. Meski begitu, tegas dia, pihaknya tetap berjuang keras melakukan ekspansi bisnis. Itu karena, terangnya, pada era globalisasi, ekspansi menjadi salah satu keharusan dunia industri.

Oki berpandangan, salah hal yang membuat pihaknya memperkuat pasar Malaysia karena negara itu punya potensi besar. Di antaranya, diaspora publik Indonesia yang berada di Malaysia. “Fokus kami di Malaysia, yaitu memberi pelayanan bagi publik atau komunitas Indonesia di negara tersebut,” sambung Oki.

“Kami punya konsep ekspansi internasional. Yaitu, mengikuti perkembangan masyarakat negara yang menjadi pasar, trafik, dan network. Ekspasi internasional kami punya 5 portofolio. Antara lain, mobile alliances, borderless-T, data Center, DiCO, BPO/IT Solution. Kami pun punya produk unggulan untuk jaringan pasar Malaysia, yaitu Kartu As,” paparnya.  (ADR)

Related posts