Telkom Dorong UMKM Kembangkan Jaringan

telkomJABARTODAY.COM – BANDUNG

Di berbagai negara, keberadaan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) punya peran besar dalam roda perekonomian. Itu pun berlaku di Indonesia. Sayangnya, di Indonesia, sejumlah hambatan masih dialami para pelaku UMKM. Di antaranya, dalam hal pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Padahal, pemanfaatannya dapat berefek positif bagi para pelaku UMKM. Di antaranya, dalam hal pengembangan jaringan pasar.

“Saat ini, perkiraannya, hanya 50 persen pelaku UMKM yang mengenal atau memanfaatkan TIK. Sisanya, lebih memilih berbisnis menggunakan cara-cara konvensional dan tradisional. Kami ingin UMKM-UMKM di Indonesia tidak buta TIK. Mereka harus melek TIK,” ungkap Direktur Enterprise & Business PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, M. Awaludin.

Dikatakan, melihat kondisi itu, pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk mendorong perkembangan bisnis sektor UMKM. Caranya, sebut dia, melalui pemanfaatan Star Contact Center (SCC). Menurutnya, sistem pelayanan ini dapat memudahkan para pelaku UMKM saat mengakomodir pemesanan para konsumennya. “Menggunakan multi channel device dan cloud based infrastructure, SCC dapat berfungsi untuk membuka dan memperlebar akses pasar pelaku UMKM.” tutur Awaludin.

Dia pelayanan ini mencakup Smart Solution, mulai pelayanan kepada konsumen sampai pelapran. Pelaku UMKM, katanya, memperoleh nomor akses contact center khusus. Para pelanggan UMKM dapat mengakses nomor ini non-stop selama 24 jam non stop setiap harinya. “Para pelanggan pun dapat menggunakan sosial media untuk mengaksesnya,” sambung Awaludin, yang menyebutkan, tarif bagi UMKM sekitar Rp 300 ribu per bulan. (ADR)

Related posts