Teknologi Ini Nyaris Bikin Samba Gigit Jari

Mega bintang Brasil, Neymar (biru), mencoba melewati dua pemain Kosta Rika dalam laga Grup E di St Petersburg Stadium, Jumat (22/6) malam WIB. (jabartoday.com/net)

JABARTODAY.COM – ST PETERSBURG — Lolos dalam babak penyisihan grup dan menerobos Babak 16 Besar Piala Dunia bukan perkara mudah. Kondisi itu dilakoni Brasil. Kampiun World Cup 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002 mengawali langkahnya kurang meyakinkan.

Dalam laga Grup E, Tim Samba gagal memanfaatkan momentum meraih poin penuh karena diimbangi Swiss 1-1. Demi meraih tiket perdelapanfinal, raksasa Amerika Latin itu mencanangkan poin penuh saat bersua Kosta Rika, Jumat (22/6) malam WIB di Krestovsky Stadium.

Di stadion yang juga bernama St Petersburg Stadium itu, laskar polesan Adenor Leonard Bacchi alias Tite ini susah payah menekuk Kosta Rika 2-0. Bahkan, penerapan teknologi Video Assistant Referee (VAR) nyaris membuat Brasil gigit jari. Pasalnya, setelah melihat tayangan VAR, Bjorn Kuipers, wasit yang memimpin laga, membatalkan penalti Brasil pada menit 80.

Dalam laga itu, Brasil harus bekerja keras karena Kosta Rika menerapkan skema defensif football. Strategi itu sangat menyulitkan The Selecao, yang terus menggempur benteng pertahanan Kosta Rika.

Meski demikian, upaya dan kerja keras wakil Conmebol itu berbuah hasil. Pada masa injury time, playmaker el Blaugrana Barcelona, Philippe Coutinho, sukses menaklukkan Navas. Skor berubah 1-0. Beberapa menit berikutnya, giliran Neymar yang menggenapkan kemenangan Brasil menjadi 2-0.

Tentunya, hasil ini membuat Brasil membuka peluang untuk tampil pada Babak 16 Besar. Mereka membutuhkan kemenangan dalam laga terakhir melawan Serbia. Sementara bagi Kosta Rika, hasil itu membuat mereka bernasib sama dengan Arab Saudi, Maroko, Mesir, dan Peru, yang harus tersingkir lebih awal.  (win)

 

KLASEMEN GRUP E

Brasil                2    1    1    0    3-1   4

Serbia               1    1    0    0    1-0   3

Swiss                 1    0    1    0    1-1   1

Kosta Rika       2    0    0    2    0-3   0     

Related posts