Home » Bandung Raya » Tarian India Meriahkan Bandung Caang Festival 2014

Tarian India Meriahkan Bandung Caang Festival 2014

Warga Kota Bandung antusias menyaksikan iringan mobil hias yang berkeliling untuk memeriahkan Bandung Caang Festival 2014, Sabtu (18/10). (JABARTODAY/AVILA DWIPUTRA)
Warga Kota Bandung antusias menyaksikan iringan mobil hias yang berkeliling untuk memeriahkan Bandung Caang Festival 2014, Sabtu (18/10). (JABARTODAY/AVILA DWIPUTRA)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Malam minggu kali ini menjadi sesuatu yang tidak biasa bagi warga Kota Bandung. Pasalnya, sebagian Kota Bandung menjadi terang benderang karena iringan mobil berhiaskan lampu warna-warni yang berkeliling untuk memeriahkan ‘Bandung Caang Festival 2014’, Sabtu (18/10/2014).

Sesuai rute yang ditentukan, kendaraan hias mulai bergerak sejak pukul 19.00 dari Jalan Diponegoro, Jalan Trunojoyo, Jalan Sultan Agung, Jalan Ir H. Djuanda dan berakhir di Balai Kota Bandung. Berbagai mobil yang dihias pemiliknya melintas tak henti-hentinya menjadi tontonan warga. Bahkan, dalam kondisi berdesak-desakan, warga tetap antusias menikmati berbagai suguhan unik dari tiap-tiap kontestan.

Parade mobil hias dalam rangka memperingati HUT Kota Bandung ke-204, diikuti oleh 30 kecamatan, 20 dinas, 1.000 sepeda, dan komunitas otomotif di Kota Bandung, seperti komunitas mobil Mini Morris. Mendekati akhir, aksi kontestan makin memanas, terutama dari Hare Krisna. Itu karena, para pengunjung terhibur dengan tari-tari dan budaya khas India yang ditampilkan mereka.

Aksi rapper lokal, Ebiet Beat A, semakin menghangatkan suasana akhir pekan warga Bandung. Tak hanya menghibur dengan lagu-lagu hitsnya seperti “Saha Ngaran Maneh Saha“, ia juga mengajak Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berkolaborasi di atas panggung.

Pada kesempatan tersebut, Ridwan Kamil menyatakan, gelaran ‘Bandung Caang Festival’ akan menjadi agenda tahunan Kota Bandung. Ia juga berharap semua warga bisa berpartisipasi mewujudkan Kota Bandung sebagai Kota Juara. “Ke depannya, kegiatan ini akan rutin diselenggarakan setiap tahun. Dan kami harap penyelenggaraan tahun depan lebih baik dari saat ini,” ujar Emil, sapaan akrabnya.

Di penghujung acara, panitia mengumumkan para kontestan yang menjuarai festival mobil hias tersebut. Dari instansi pemerintah, Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung meraih juara tiga, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata meraih juara dua, serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan didaulat menjadi juara pertama.

Untuk kecamatan, Kecamatan Regol meraih juara ketiga, Kecamatan Bojongloa meraih juara kedua, dan Kecamatan Sukasari didapuk menjadi juara pertama. Sedangkan tingkat umum, Urban Jedi meraih juara kedua dan Hare Krisna memperoleh juara pertama. (VIL)