Thursday , 21 November 2019
Home » Lifestyle » Seribu Kesan, Satu Alasan, Untuk Terbang Bersama Garuda

Seribu Kesan, Satu Alasan, Untuk Terbang Bersama Garuda

aOleh Anggi Agistia
Pemenang Utama Lomba Menulis “Seribu Kesan Terbang Bersama Garuda Indonesia” yang diselenggarakan PT. Garuda Indonesia-Jabartoday.com 2015

Pengalaman terbang pertama bersama Garuda Indonesia beberapa tahun silam selalu meninggalkan ingatan yang berkesan bagi saya, sehingga saat hendak bepergian kemana pun melalui jalur udara, Garuda Indonesia selalu jadi pilihan utama. Kredibilitas Garuda Indonesia sebagai Maskapai terbaik Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi. Service Excellent yang diberikan oleh Garuda Indonesia memang dapat dirasakan para calon penumpang sejak proses awal hingga bahkan akhir perjalanan.

Sebagai warga asli Bandung yang kini berdomisili di Kepulauan Bangka karena alasan pekerjaan, sebetulnya agak sedikit kesulitan untuk melakukan perjalanan dengan Garuda Indonesia karena tidak ada flight langsung kesana dari Bandung. Sehingga untuk ke Bangka menggunakan Garuda Indonesia saya harus pergi ke Bandara Soekarno-Hatta Jakarta dahulu. Begitu pun ketika saya pulang ke Bandung, dari Bangka saya harus memilih destinasi ke Jakarta dan melewati perjalanan 3 jam untuk tiba di kota kesayangan. Tapi menurut saya ini sepadan dengan pengalaman terbang yang menyenangkan dan servis yang memuaskan.

Tiket sudah ditangan, perjalanan menuju Bandara pun saya lewati dengan riang. Begitu tiba pun saya langsung mengarah ke counter check-in. Petugas counter sempat menanyakan apakah saya ada request untuk memilih tempat duduk. Dari informasi petugas counter tersebut ternyata Garuda Indonesia sudah memberikan beberapa fasilitas untuk check-in yaitu City Check-in yang bisa dilakukan dikantor pemasarannya, Web Check-in, dan Phone Check-in. Nah soal memilih tempat duduk tentu saja saya meminta kursi dekat jendela. Favorite saya. Karena selain lebih nyaman, saya juga bisa menikmati pemandangan indahnya lautan, pegunungan, kota dari ketinggian, secara bergantian, sepanjang perjalanan.

Ruang tunggu sore itu cukup ramai mengingat kala itu memang sedang musim liburan. Tidak lama berselang, para penumpang pesawat Garuda Indonesia tujuan Jakarta yang hendak saya tumpangi dipersilakan untuk mulai menaiki pesawat. Begitu masuk ke dalam kabin para penumpang langsung disambut senyum ramah oleh awak kabin dengan ‘Salam Garuda Indonesia‘-nya. Menggunakan seragam khas budaya daerah, kebaya dengan kombinasi batik parang gondosuli cukup menarik, para pramugari ini semakin cantik dipandang mata. Didalam kabin, awak kabin tak hanya diam melihat penumpang  kebingungan saat mencari tempat duduk terutama penumpang yang sudah ‘sepuh’. Mereka dengan cekatan membantu para penumpang mencari nomor tempat duduk dan bahkan membantu penumpang yang mengalami kesulitan memasukkan barang kedalam bagasi.

Standar pelayanan yang diterapkan dalam memberikan excellent service pada para penumpang didasarkan pada keramahtamahan yang diaplikasikan dalam ikon yang memanjakan 5 pancaindera atau 5 sense yaitu sight, sound, scent, taste and touch. Begitu masuk dalam kabin pesawat, 5 pancaindera kita akan langsung dimanjakan dengan pelayanan prima seperti pemandangan interior pesawat yang bersih dan elegan, penampilan para pramugari cantik dengan busana khas Indonesia yang menarik, suara musik yang mengalun merdu, aroma wewangian khas nusantara yang semerbak mewangi, makanan dan minuman lezat disajikan memanjakan lidah serta keramahan para kru pesawat yang menentramkan hati.

Sebelum take-off, pramugari Garuda menyampaikan prosedur keselamatan terbang terlebih dulu yang disimulasikan dalam video berdurasi kurang lebih 3 menit di depan kursi penumpang. Penyampaian yang diberikan juga baik, jelas dan sangat menarik. Saat itu traffic penerbangannya sangat padat, sehingga antrian pesawat untuk take-off  jadi cukup panjang. Beberapa kali pilot memohon maaf dan menjelaskan pada penumpang bahwa pesawat masih menunggu antrian untuk take-off.

Para pramugari juga dengan telaten memastikan bahwa semua penumpang telah mengenakan sabuk pengaman dengan benar dan menegakkan sandaran kursi. Mereka juga memeriksa dengan seksama apakah semua penumpang sudah naik ke dalam pesawat sehingga tidak ada penumpang yang tertinggal. Setelah proses take-off usai, para pramugari membagikan snack dan menawarkan extra drink bagi para penumpang.

Walaupun menunggu cukup lama untuk take-off, tapi para penumpang tidak merasa bosan karena dapat terhibur dengan layanan dari monitor touchscreen yang menyajikan informasi berupa bacaan maupun hiburan. Selain itu juga disediakan beberapa majalah untuk memanjakan penumpang yang hobi baca. Untuk penerbangan domestik  hiburan Audio Video on Demand menggunakan layar berukuran 9 inch dengan pilihan yang disediakan terdiri dari musik, film, serta beberapa informasi terkait wisata.

Perjalanan Bangka – Jakarta yang hanya menghabiskan waktu 1 jam sungguh sangat tidak terasa. Fasilitas yang tersedia didalam pesawat ini membuat para penumpangnya menikmati perjalanan dengan menyenangkan dan jauh dari kata kebosanan tentunya. Setelah landing, penutup perjalanan adalah senyum sapa para pramugari yang memberikan ucapan terimakasih kepada para penumpang karena telah memilih Garuda Indonesia sebagai partner perjalanannya.

Oh yaa, satu hal lagi yang membuat saya senang menggunakan Garuda Indonesia. Maskapai ini memberikan reward berupa tiket penerbangan gratis bagi member pemegang GarudaMiles yang telah memenuhi target mileage yang ditetapkan. Untuk bisa memiliki GarudaMiles ini, setiap penumpang Garuda Indonesia bisa mendaftarkan diri secara online di website Garuda Indonesia. Nah, setiap kali terbang dengan Garuda maka mileage kita akan diakumulasikan. GarudaMiles ini terdiri dari beberapa jenis yaitu GarudaMiles Reguler, GarudaMiles Junior, dan GarudaMiles EC+. Untuk GarudaMiles reguler terdiri dari beberapa tingkatan yaitu Blue, Silver, Gold dan Platinum. Semakin banyak miles penerbangan yang kita tempuh dengan Garuda Indonesia akan membuat GarudaMiles Reguler kita jadi semakin cepat naik tingkat.

Pemegang GarudaMiles akan mendapat banyak keistimewaan. Selain keuntungan mendapat award ticket dan upgrade award miles, kita juga bisa menikmati layanan loket chek-in khusus, tunjangan bagasi ekstra dan fasilitas ruang tunggu Garuda Indonesia. Terlebih lagi apabila kita sudah jadi member GarudaMiles Gold dan Platinum maka kita akan mendapat fasilitas bisa menikmati Executive Lounge yang disediakan oleh Garuda Indonesia.

Di Executive Lounge ini kita bisa menikmati berbagai kuliner lezat dan ruang tunggu penumpang yang sangat eksklusif dan nyaman. Selain itu disediakan juga fasilitas pijat refleksi, ruang perawatan bayi, mushola, ruang khusus untuk merokok dan ruang VIP. Executive Lounge ini tidak dikomersilkan, namun hanya diperuntukkan khusus bagi pemegang GarudaMiles gold dan platinum, penumpang Garuda dengan tiket kelas bisnis dan member SkyTeam. Garuda Indonesia juga merupakan satu-satunya maskapai penerbangan Indonesia yang masuk dalam jaringan SkyTeam kelas dunia. Sungguh prestasi yang sangat membanggakan bagi bangsa Indonesia.

Garuda Indonesia memang patut disebut pioner maskapai dengan segala pelayanannya yang serba maksimal. Mulai petugas bandara, awak kabin, hingga petugas lounge, semuanya melayani penumpang dengan sempurna. Ibaratnya sebuah orkes simponi, semua pemain memiliki komitmen kuat mulai dari penampilan para pemain hingga alunan nada dan iramanya sehingga hasil pertunjukan dapat menyenangkan semua orang. Pengalaman terbang bersama Garuda Indonesia selalu meninggalkan seribu kesan mendalam yang menjadikan para penumpangnya mempunyai satu alasan untuk menggunakan maskapai satu ini lagi. []