Ryamizard Senang PT DI Mampu Produksi Drone

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – BANDUG
Publik Indonesia, khususnya, Jabar dan Kota Bandung, patut berbangga karena memiliki PT Dirgantara Indonesia (DI). Pasalnya, lembaga BUMN tersebut sudah mampu memproduksi pesawat terbang tanpa awak (PTTA) alias drone. Buktinya, akhir tahun ini, industri yang dulunya bernama Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) itu menuntaskan sekaligus menyerahkan 3 unit PTTA bernama Wulung KX-0001 kepada Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pertahanan (Menhan) Kabinet Kerja, Ryamizard Ryacudu, mengaku senang dan bangga melihat perkembangan PT DI. Ryamizard menyatakan, pihaknya berharap, PT DI dapat segera melakukan produksi drone secara massal.

“Negara ini butuh drone seperti keinginan presiden. Ini adalah negara maritim. Jadi butuh perlengakapan yang mendukung sistem pengawasasn kelautan. Drone menjadi satu di antara perlengkapan tersebut,” tandas Ryamizard pada kunjungan resmi perdananya ke PT DI, Senin (10/11).

Berbicara tentang jumlah kebutuhan drone untuk melindungi perairan nasional, utamanya, wilayah perbatasan dan pulau terluar, Ryamizard mengaku belum mengetahuinya. Menurutnya, untuk itu, pihaknya harus melihat dan memantau daerah-daerah tersebut secara langsung sehingga kebutuhannya dapat diketahui. “Saya segera ke Kalimantan untuk melihatnya. Untuk Kalimantan, saya kira, setidaknya, butuh 5 drone,” ucap Ryamizard, yang sebelumnya, juga berkunjung ke PT Pindad. (ADR)

Related posts