Rini :”Modernisasi Persinyalan PT KAI” 

jabartoday.com/net
jabartoday.com/net

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Dalam dunia transportasi, ketersediaan sarana penunjang yang moderen, memang dapat menopang bahkan mendongkrak kinerja serta pelayanan, terutama faktor keamanan dan kenyamanan. Hal itu pun berlaku bagi PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Ternyata, hingga kini, lembaga BUMN yang bergerak dalam bidang transportasi massal itu masih mengandalkan teknologi persinyalan yang berusia uzur. “Ini kan beroperasi mulai 1967. Artinya, pengoperasiannya brrlangsung selama 46 tahun. Karenanya, perlu adanya moderenisasi tracking dan signaling,” tandas Menteri BUMN, Rini Soemarno, di Stasiun Bandung, beberapa waktu lalu.

Diutarakan, khusus PT KAI, ada hal yang harus menjadi keharusan. Misalnya, ujar dia, seperti track movement, signaling, yang harus segera mengalami perubahan. Hal itu, terang Rini, berhubungan erat dengan keselamatan.

Rini menyatakan pihaknya Direktur Utama PT KAI untuk segera melakukan modernisasi alat dan sistem persinyalan. Pihaknya, sambung Rini, memang menekankan setiap BUMN untuk memperkuat perusahaannya melalui modernisasi sarana dan prasarana. Namun, tukasnya, upaya itu jangan terlalu membebani negara.

Menurutnya, PT KAI jangan hanya mengandalkan penjualan tiket sebagai sumber dana. Rini berpendapat, PT KAI dapatencari sumber lainnya
Umpamanya, kata Rini, melalui pengembangan aset. Selain itu, tegas Rini, idealnya, PT KAI mengembangkan potensi pengangkutan barang.  (win)

Related posts