Perpendek Mata Rantai, Bulog Bangun Pusat Distribusi

Kepala Bulog Divre Jabar, Alip Affandi jabartoday.com/erwin adriansyah
Kepala Bulog Divre Jabar, Alip Affandi
jabartoday.com/erwin adriansyah

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Ternyata, ada beberapa faktor penyebab mahalnya harga jual beragam komoditi di tanah air. Selain permintaan yang banyak, hal lain tang menyebabkan harga jual sejumlah komoditi menjadi mahal adalah panjangnya mata rantai distribusi.

“Memang benar. Mata rantai distribusi yang panjang membuat biaya logistik tinggi. Efeknya, harga jual pun mahal. Karenanya, kami berkeinginan kuat untuk memotong panjangnya mata rantai itu,” tandas Kepala Bulog Divisi Regional (Divre) Jabar, Alip Affandi, di tempat kerjanya, Jalan Soekarnohatta, Rabu (5/10).

Salah satu upayanya, kata Alip, pihaknya menyiapkan sebuah langkah besar. Yaitu, ungkapnya, berencana membangun Distribusi Center (DC) atau Pusat Distribusi di setiap Kabupaten-Kota Jabar. “Tujuannya memperlancar dan mempermudah pendistribusian bahan pokok kepada masyarakat. Selain itu, juga dapat sebagai alat untuk stabilisasi harga jual,” cetus Alip.

Bahkan, sahutnya, agar pendistribusian dapat lebih mencapai daerah-daerah yamg hingga kini sulit tersentuh, pihaknya berwacana menjalin kerjasama dengan pihak lain, dalam hal sistem pendistribusian dan logistik. Dia berpendapat, rencananya, pihaknya merangkul PT Pos Indonesia, yang menurutnya punya jaringan yang begitu luas. Tidak hanya DC, alip mencetuskan keinginannya,  untuk membangun 6 ribu Rumah Pangan Kita (RPK) di Jabar.  (win)

Related posts