Monday , 30 March 2020
Home » Ekonomi » Reaktivasi Cibatu-Garut Terus Bergulir, PT KAI Siapkan Dana Besar

Reaktivasi Cibatu-Garut Terus Bergulir, PT KAI Siapkan Dana Besar

(jabartoday.com/ISTIMEWA)

JABARTODAY.COM – BANDUNG – Ketersediaan sarana transportasi massal memang dapat menjadi penggerak dan penunjang berbagai aktivitas, termasuk ekonomi. Melihat hal itu, pemerintah pun menyiapkan berbagai langkah, di antaranya, berkenaan dengan ketersediaan sarana infrastruktur, satu di antaranya, jalur kereta.

Pemerintah berencana melakukan reaktivasi sejumlah jalur yang telah lama non-aktif. Salah satunya, yaitu Cibatu-Garut. “Saat ini, reaktivasi Cibatu-Garut terus on progress. Kini, tahapnya pemetaan karena pada jalur itu terdapat sebanyak 1.077 unit bangunan berbagai bentuk yang berada pada lahan seluas 62,1 ribu hektare,” tandas Vice President Passenger Marketing PT Kereta Api  Indonesia (Persero), Agus Dwinanti  Budiadji, pada Book Fair 2018 di Stasiun Bandung, Rabu (14/11).

Adanya perkembangan program reaktivasi Cibatu-Garut diamini Kepala PT KAI (Persero) Daerah Operasional (Daop) 2 Bandung, Saridal. Menurutnya, pihaknya sudah melakukan sosialisasi dengan berbagai pihak, utamanya, pemerintah, mulai provinsi, Kabupaten Garut, jajaran Polres Garut, hingga masyarakat. “Dalam waktu dekat, kami segera melakukan penertiban,” tambah Saridal.

Saridal berpendapat, beroperasinya kembali jalur Cibatu-Garut dapat memberi efek positif bagi masyarakat, Pasalnya, terang dia, hadirnya kereta tersebut dapat lebih mengefisienkan waktu dan jarak tempuh masyarakat Cibatu dan sekitarnya, yang hendak bepergian ke Garut atau Bandung.

Berkaitan dengan rencana penertiban itu, jelas Saridal, pihaknya mengalokasikan dana yang tergolong besar. Angkanya, jelas dia, mencapai belasan miliar rupiah. Nilai tersebut, terangnya, terdiri atas biaya bongkar, yang berdasarkan regulasi , nominalnya Rp 250 ribu per meter per segi bagi rumah permanen, dan Rp 200 ribu per meter per segi untuk rumah semipermanen.  (win)