Profesionalisme Pamong Praja jadi Keniscayaan

  • Whatsapp

1.093 Lulusan IPDN Dilantik

JABARTODAY.COM – JATINANGOR

saat Wisuda Program Diploma IV, Program Strata I, dan Program Stratra II Magister Administrasi Pemerintahan Daerah IPDN, di Kampus IPDN Jatinangor, Rabu (5/9). (DEDE SUHERLAN/JABARTODAY.COM)

Di tengah sorotan terhadap penyelenggaraan pendidikan di Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) yang kerap diwarnai dengan tindakan kekerasan, Rektor IPDN, Prof. Dr. Drs. H.I. Nyoman Sumaryadi, M.Si, mendorong agar lulusan IPDN mengembangkan sikap profesionalisme. Itu menjadi keniscayaan yang harus merekat pada diri pamong praja.

“Lulusan IPDN harus profesional baik sebagai aparatur baik secara vertikal sebagai hamba Allah Swt yang memiliki nilai-nilai keimanan maupun secara horizontal sesama pegawai negeri. Anda (lulusan IPDN) harus membangun jatidiri dan kinerja sebagai kader pamong praja yang menjadi perekat dan pemersatu bangsa,” kata Nyoman saat Wisuda Program Diploma IV, Program Strata I, dan Program Stratra II Magister Administrasi Pemerintahan Daerah IPDN, di Kampus IPDN Jatinangor, Rabu (5/9).

Menurut Nyoman, kondisi dan situasi di lapangan menjadi wahana untuk mengembangkan kecerdasan intelektual dan emosional.

“Itu akan melahirkan performance pamong praja sebagai abdi masyarakat dan abdi negara yang profesional,” ujar Nyoman.

Sementara itu, dalam wisuda dilantik sebanyak 1.093 lulusan. Lulusan selengkapnya yaitu Program Diploma IV Fakultas Manajemen Pemerintahan dan Fakultas Politik Pemerintahan sebanyak 823 wisudawan, Program Strata I Fakultas Manajemen Pemerintahan dan Fakultas Politik Pemerintahan 160, dan lulusan Program Strata II Magister Administrasi Pemerintahan Daerah sebanyak 110 wisudawan. (DEDE SUHERLAN)

Related posts