Sunday , 19 January 2020
Home » Ekonomi » Produk Terbaru Len Ini Bisa Hemat Listrik 30 Persen

Produk Terbaru Len Ini Bisa Hemat Listrik 30 Persen

(jabartoday.com/net)

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Sungguh beruntung negara ini karena memiliki banyak industri strategis, yang satu di antaranya bergerak dalam bidang teknologi, PT Len Industri (Persero). Lembaga BUMN yang berkantor pusat di Jalan Soekarohatta Bandung itu menghasilkan produk high technology yang kualitasnya diakui dunia internasional.

Yang terbaru, PT Len Industri (Persero) merilis Len Solar. Produk ini semacam pembangkit listrik tenaga surya tetapi pemanfaatannya oleh kalangan rumah tangga dan perkantoran.

“Len Solar merupakan sejenis pembangkit listrik yang memanfaatkan tenaga matahari. Ini salah satu produk inovasi kami. Sasarannya adalah permukiman dan perkantoran,” tandas Direktur Utama PT Len Industri (Persero), Zakky Gamal Yasin, usai Excelen: Inovasi Untuk Negeri di PT Len Industri (Persero), Jalan Soekarnohatta Bandung, Rabu (31/10).

Zakky menjelaskan, produk ini dapat dimanfaatkan kalangan rumah tangga dan perkantoran. Itu karena pemasangannya, jelas Zakky, dapat pada atap rumah dan perkantoran.

Zakky mengklaim penggunaan Len Solar dapat menghemat energi listrik cukup signifikan. Itu karena, terangnya, pada waktu siang, masyarakat menggunakan energi listtik yang dihasilkan Len Solar melalui penyerapan cahaya matahari.

Tidak itu saja, biaya perawatannya pun, seru Zakky, tergolong murah. Penyebabnya, tegas Zakky, pihaknya menggaransi bahwa Len Solar bergaransi hingga 20 tahun.

Namun, ungkap Zakky, pihaknya baru memasuki pasar pada 2019. Hingga akhir tahun ini, pihaknya masih melakukan beberapa pengkajian tentang harga jual. Selain itu, ujar dia, berencana menggandeng PT PLN dalam hal skema penggunaan energi listrik.

Selain itu, tambahnya, pihaknya pun menjajaki kerjasama dengan perbankan. Bentuknya, jelas Zakky, dalam hal kemungkinan menerapkan pola kredit bagi masyarakat yang ingin memiliki Len Solar.

Manajer Komunikasi Korporasi PT Len Industri (Persero), Donny Gunawan, mengiyakan bahwa Len Solar dapat menghemat penggunaan energi listrik. Menurutnya, penghematannya cukup signifkan. “Saat pengetesan pada beberapa rumah dinas, Len Solar menghemat hingga 30 persen penggunaan energi listrik,” ujar Donny.   (win)