Friday , 5 June 2020
Home » Headline » PON XX Papua Berlangsung di 5 Kota

PON XX Papua Berlangsung di 5 Kota

Ketua PB PON jabar, Ahmad Heryawan (kiri) memberikan maskot PON XIX Jabar kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe.  jabartoday.com/erwin adriansyah
Ketua PB PON jabar, Ahmad Heryawan (kiri) memberikan maskot PON XIX Jabar kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe.
jabartoday.com/erwin adriansyah

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Pentas pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jabar 2016 segera berakhir. Pada 2020, ajang sama berlangsumg di Papua.

Ketua Umum KONI Pusat, Tono Suratman, mengemukakan, pada 2020, ajang PON XX berlangsung di 5 titik. “Yaitu Jayapura, Wamena, Timika, Biak, dan Merauke,”.tandas Tono pada evaluasi PON XIX Jabar 2016 di Media Center Utama (MCU) PON XIX Jabar 2016, Trans Luxury Hotel, Jalan Gatotsubroto Bandung, Rabu (28/9).

Ditegaskan, berbeda dengan PON XIX Jabar, di Papua, kemungkinan besar, cabang olahraganya tidak sebanyak tahun ini. Tono mengungkapkan, berdasarkan masukan pemerintah, dalam hal ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga, PON XX memprioritaskan  cabang olahraga pada even Olimpiade, Asian Games, dan Sea Games.

Kendati begitu, lanjutnya, hal itu masih dalam pembahasan. Untuk PON Papua 2020, pihaknya mengedepankan pembangunan sarana dan fasilitas terlebih dahulu.

Mengenai pelaksanaan PON XIX Jabar, Tono mengaku puas. Dasarnya, jelas dia, terjadi sejumlah pemecahan rekor pada olahraga terukur, seperti atletik dan renang. Menurutnya, secara umum, ajang krida 4 tahunan di Jabar ini berlangsung lancar walau sempat terjadi beberapa riak di sejumlah venue. “Saya kira, riak-riak itu terjadi karena setiap kontingen ingin meraih prestasi,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Papua, Lukas Enembe, menambahkan, pihaknya bangga dan bersyukur mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah PON XX 2020. untuk itu, tegasnya, pihaknya melakukan sejumlah persiapan, tidak hanya soal atlet, tetapi juga sarana dan fasilitas. “Untuk 2020, kami menargetkan 5 besar,” tutup Lukas.  (ADR)