Thursday , 21 November 2019
Home » Bandung Raya » Polisi Gagalkan Peredaran Ganja dan Shabu

Polisi Gagalkan Peredaran Ganja dan Shabu

Polda_JabarJABARTODAY.COM – BANDUNG

Dua orang yang terkait jaringan narkotika nasional diringkus polisi karena akan mengedarkan shabu ke wilayah Bali. Tatang dan Purwa Alamsyah ditangkap jajaran Direktorat Reserse Narkoba Polda Jabar di kontrakan mereka di Jalan Nusa Raya Indah, RT 05/03, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung. Dari mereka didapatkan shabu 916 gram siap edar.

Selain keduanya, Dit Res Narkoba Polda Jabar juga mengamankan seorang pengedar ganja di daerah Cimahi pada 17 Juli 2014, yakni Rendy Yana Roy alias Golun. Dari penangkapan tersebut, didapatkan 5 paket besar ganja dalam tas ransel warna hitam seberat 5 kg serta 16 paket besar ganja dalam koper warna hitam seberat 16 kg.

“Berdasarkan pengakuan tersangka, barang didapatkan dari Aceh dan akan diedarkan di daerah Kabupaten Bandung,” ujar Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Jabar, Ajun Komisaris Besar Wisnu Hermawan, di Mapolda Jabar, Senin (15/9/2014).

Wisnu menyebut, kasus ini sendiri sudah dinyatakan lengkap atau P-21 dan siap disidangkan. Barang sendiri didapat tersangka dari Abang di daerah Sukabumi atas suruhan Akang yang saat ini masih buron atau masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).

Menurut Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Komisaris Besar Martinus Sitompul, harga ganja yang sudah mahal dapat lebih meningkat lagi. Saat ini, harga perkilonya sekitar Rp 3 juta. “Kalau diketeng-keteng (dipecah paketnya) begini, harganya bisa 3 kali lipat,” imbuh Martin.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 114 ayat (2) dan Pasal 111 ayat (2) UU No 35/2009 tentang Narkotika. Dan terancam hukuman maksimal 20 tahun penjara. (VIL)