Pilgub Ikut Menentukan Investasi di Jabar

  • Whatsapp
Maskot Pilgub Jabar 2013. (JABARTODAY.COM)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Sukses atau tidaknya penyelenggaran pemilihan gubernur (Pilgub) Jabar menentukan banyak hal. Salah satunya menyangkut pelung meningkatnya investasi di provinsi dengan penduduk lebih dari 43 juta jiwa ini. Keberhasilan penyelenggaraan Pilgub juga memberikan nilai tambah bagi pemerintah daerah.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengungkapkan hal itu saat ditemui usai menghadiri peluncuran tahapan Pilgub Jabar di Bale Asri Pusdai, Rabu (5/9). Untuk itu, Ferry meminta seluruh masyarakat mendukung penyelenggaraan Pilgub Jabar yang akan dilaksanakan pada 24 Februari 2013 mendatang.

“Kesuksesan Pilgub itu tidak hanya ditentukan oleh KPU Jabar. Namun, sangat bergantung kepada seluruh masyarakat. Bila (penyelenggaraan Pilgub) berlangsung sukses, maka itu menjadi kesuksesan bersama. Sementara kalau tidak, maka hal itu dilihat sebagai kesalahan KPU,” kata Ferry.

Mantan Ketua KPU Jabar yang kini menjadi penanggung jawab wilayah Indonesia bagian barat ini mengaku bangga dengan persiapan Pilgub yang dilakukan KPU Jabar. Sejauh ini, imbuh dia, penyelenggaraan Pilgub di Jabar merupakan yang terbaik dibanding daerah lain. Salah satu indikatornya adalah dukungan anggaran dari pemerintah daerah. Berbeda dengan daerah lain di Indonesia, mekanisme pencairan dana pemilukada di Jabar berlangsung lancar dan mudah.

“Mari kita memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang etika dan konsekuensi demokrasi melalui Pilgub ini. Keberhasilan pemilukada menjadi nilai tambah bagi pemerintah daerah. Begitu juga sebaliknya,” tandas Ferry.

“Saya melihat adanya korelasi antara keberhasilan Pilgub dengan kesejahteraan. Daerah yang berhasil menyelenggarakan pemilukada, maka investasi di daerah tersebut dipastikan naik. Investasi ini berimbas kepada kesejahteraan masyarakat. Saya yakin Pilgub Jabar akan sukses seperti pada 2008 lalu,” pungkas Ferry.(NJP)

Related posts