Perkuat MPV, TAM Rilis Varian Anyar

jabartoday.com/erwin adriansyah
jabartoday.com/erwin adriansyah
JABARTODAY.COM – BANDUNG — Memperkuat pasar menjadi salah satu strategi yang diusung para pelaku industri, termasuk yang bergerak dalam bidang otomotif. Karenanya, PT Toyita Astra Motor (TAM), selaku Agen Tunggal Merek (APM) Toyota, juga melakukan hal yang sama.

Salah satu caranya, anak perusahaan PT Astra International Tbk itu merilis varian teranyarnya, Toyota Sienta. “Ini adalah upaya kami untuk memperkuat pasar, khususnya, segmen MPV,” tandas Suichi Ishi, Senior Managing Executive Coordinator PT TAM, pada Launching All New Sienta di Trans Studio Bandung, Jalan Gatotsubroto Bandung, Rabu (4/5).

Menurutnya, di antara berbagai segmen otomotif, MPV merupakan market terbesar. Sejauh ini, sebut Ishi, market MPV mencapai 35 persen total market seluruh segmen mobil.

Hadirnya varian, yang baru memulai pendistribusiannya pada Juli 2016, ini, jelas Ishi, untuk mengisi kekosongan pasar antara market Toyota Avanza dan Toyota Inova. Pihaknya, yang pada tiga bulan perdana tahun ini sukses mencatat penjualan 80.514 unit berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), jelas dia, optimistis produk terkininya yang proses produksinya berlangsung di Karawang, Jabar itu mendapat respon positif publik.

Ishi mencetuskan, pihaknya menargetkan pangsa pasar produk terkini itu menambah dan memperkuat market. Proyeksinya, sebut dia, Toyota Sienta meraih 7-8 persen pangsa pasar.

Soal Jabar, Ishi berpendapat, tatar Pasundan merupakan pasar potensial. Buktinya, kata pria asal Jepang, yang cukup fasih berbahasa Indonesia tersebut, sekitar 26 persen pasar otomotif nasional ada di Jabar.

Di tempat sama, Gondo Handoko, Operation Manager Auto 2000 area Jabar, main dealer PT TAM, menambahkan, di wilayah kerjanya, hingga Maret tahun ini, pihaknya menorehkan penjualan 10.774 unit. “Artinya, kami merebut 32,6 persen pangsa pasar otomotif Jabar. Angka itu lebih tinggi daripada periode sama 2015, yang pangsa pasarnya 30,9 persen, ” paparnya.

Khusus Sienta, tambah Gondo, pihaknya mencanangkan penjualan yang cukup banyak. Setiap bulannya, ungkap dia, angka penjualan di tatar Parahyangan sebanyak 500-600 unit. (ADR)

Related posts