Wednesday , 20 November 2019
Home » Bandung Raya » Peringati Kemerdekaan, BOMA Jabar Gelar Acara Khusus

Peringati Kemerdekaan, BOMA Jabar Gelar Acara Khusus

eka santosaJABARTODAY.COM – BANDUNG

Memperingati ulang tahun ke-69 Kemerdekaan Indonesia, Barisan Olot Masyarakat Adat Jawa Barat akan menyelenggarakan acara khusus alat masyarakat adat, Minggu (17/8/2014), di Kawasan Eco-Wisata dan Budaya Alam Santosa, Pasir Impun.

Selain masyarakat adat, akan hadir juga Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar. Menurut Pangaping (Pelindung) BOMA Jabar Eka Santosa, Sapta akan hadir usai mengikuti upacara kenegaraan di Jakarta. “Saatnya masyarakat adat Jawa Barat menunjukkan jati diri bangsa dengan cara khasnya,” ujar Eka dalam jumpa pers, Jumat (15/8/2014).

Eka menegaskan komitmennya selaku warga adat Tatar Sunda untuk menegakkan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Undang-Undang Dasar ’45. Hal ini sejalan dengan amanat sesepuh Sunda untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Para pemimpin, sambungnya, juga harus menjaga nilai-nilai luhur yang ada dalam tradisi masyarakat adat. “Tujuannya agar roh pembangunan Indonesia dan revolusi mental yang kita jalankan bisa sukses,” papar pria yang juga seorang politisi tersebut.

BOMA Jabar adalah pengembangan dari Barisan Olot Tatar Sunda yang lahir tahun 2013. Di BOMA Jabar terhimpun beberapa kampung adat seperti Kampung Adat Sanaga (Salawu Tasikmalaya), Cikondang (Kabupaten Bandung), Sinarresmi, Ciptagelar, Ciptamulya (Kabupaten Sukabumi), Kampung Kuta (Ciamis), Rancakalong (Kabupaten Sumedang), Kampung Dukuh (Kabupaten Garut), Cirendeu (Cimahi), Dayak Segandu (Kabupaten Indramayu), serta beberapa komunitas budaya Sunda lainnya. (VIL)