Percepat Transfer Teknologi, Pindad Gandeng Industri Global

  • Whatsapp
Silmy Karim jabartoday.com/net
Silmy Karim
jabartoday.com/net

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Memiliki kualitas produksi yang mumpuni berkaitan erat dengan perkembangan teknologi. Karenanya, melakukan transfer of technology menjadi opsi dan strategi yang diusung PT Pindad (Persero) guna terus meningkatkan produktivitas agar mendukung pertumbuhan kinerja bisnisnya.

“Seiring dengan dukungan pemerintah pusat, kami terus melakukan peningkatan fasilitas. Selain itu, kami pun memoderenisasi peralatan. Begitu pula dalam hal percepatan penguasaan teknologi. Kami melakukan kerjasama dengan sejumlah industri pertahanan global. Tujuannya, mempercepat transfer teknologi,” tandas Direktur Utama PT Pindad (Persero), Silmy Karim, pada sela-sela kunjungan Komandan Pusat Persenjataan Infanteri (Pussenif) TNI AD, Mayjen TNI Hinsa Siburian, ke PT Pindad (Persero), Jalan Gatotsubroto Bandung, Kamis (5/3).

Silmy meneruskan, berkenaan dengan kondisi dalam negeri, produk-produk lembaga BUMN tersebut mendapat respon positif. Satu di antaranya, ungkap dia, dukungan Pusat Persenjataan Infanteri (Pussenif) TNI Angkatan Darat (AD). “Kami mendapat dukungan Pussenif TNI AD untuk membangun dan mengembangkan industri pertahanan, termasuk kapasitas dan kapabilitas produksi,” sambung Silmy.

Selain itu, lanjutnya, dukungan Pussenif TNI AD pun dalam hal penyempurnaan produksi. Termasuk, tambahnya, dukungan terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan apa yang menjadi tugas pokok dan fungsi Pussenif TNI AD. Karena itu, tegas Silmy, bersama Pussenif TNI AD, pihaknya harus lebih membangun sinergitas dengan berbagai pihak sehingga terjadi singkronisasi. Muaranya, sahut dia, tidak lain, memperkuat sistem dan industri pertahanan dalam negeri.

Di tempat yang sama, TNI Hinsa Siburian, mengemukakan, khusus Pussenif TNI AD, sejauh ini, secara umum, pihaknya mempergunakan produk-produk PT Pindad. “Untuk senjata-senjata ringan dan amunisi, secara umum, kami sudah memakai dan memanfaatkan produk PT Pindad,” ungkapnya.

Perwira tinggi TNI AD ini mengaku bangga melihat perkembangan dan kemajuan PT Pindad. Dia berpendapat, kemajuan produk PT Pindad dapat menunjang kinerja TNI AD, khususnya, infanteri. Hinsa mengibaratkan, adanya produk-produk PT Pindad, kesaktian para prajurit bertambah. Itu karena, terangnya, para prajurit memiliki sistem persenjataan yang semakin baik.

“Contohnya, Indonesia sudah memiliki Anoa. Kemudian, PT Pindad melakukan modifikasi Anoa sehingga mampu beroperasi pada berbagai medan. Tentunya, hal itu dapat menambah manuver para prajurit kita,” ujar Hinsa, seraya menyatakan bahwa pihaknya merespon peran pemerintah untuk terus mendorong penggunaan produk-produk industri pertahanan dalam negeri.  (ADR)

Related posts