Pencalonan Erwan Digugat Politisi Demokrat

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – BANDUNG 14 Dewan Pimpinan Anak Cabang Partai Demokrat Kota Bandung menolak pencalonan tunggal Ketua DPRD Kota Bandung Erwan Setiawan menjadi Walikota Bandung. Hal itu dikarenakan dalam rapat pleno terakhir tidak membahas pengusungan calon walikota, tapi hasil Rapat Pimpinan Nasional Partai Demokrat di Jakarta, juga pemenangan Pemilihan Gubernur Jabar.

“Agenda rapat pada 19 Februari lalu yang dihadiri Ketua DPAC se-Kota Bandung hanya membahas koordinasi, hasil rapimnas, serta Pilgub Jabar. Bukan soal pencalonan pak Erwan sebagai Walikota Bandung,” ujar Ketua DPAC Kiaracondong, Yudha Hartama, dalam jumpa pers di sebuah rumah makan, Senin (25/2).

Diutarakan Yudha, Partai Demokrat sebagai partai politik yang demokratis, memiliki mekanisme dalam memilih seorang calon kepala daerah. Maka itu, tiap kader terbaik berhak untuk ikut dalam persaingan pencalonan internal partai. “Kita hanya ingin pak Erwan mengikuti mekanisme yang ada. Karena Partai Demokrat bukan partai yang tertutup untuk umum,” tegasnya.

Soal DPD Partai Demokrat Jabar yang telah mendukung pencalonan anak Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar tersebut, Yudha meragukannya. Sepengetahuan dirinya, Ketua DPD Partai Demokrat Jabar Iwan Sulandjana, adalah orang yang bijak dan adil kepada para kader. “Yang kami tahu, DPP (Dewan Pimpinan Pusat) Partai Demokrat belum menyetujui pencalonan tersebut,” imbuhnya.

Pihaknya, sampai Yudha, bukan tidak menginginkan Erwan menjadi Cawalkot Bandung, malahan mendorong, namun itupun bila telah melewati proses penjaringan dan seleksi dari partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono itu. “Pernyataan ini kami anggap perlu untuk meluruskan sekaligus ajakan kepada semua kader agar lebih mengedepankan kepentingan partai,” tutupnya. (AVILA DWIPUTRA)

Berita Terkait