Pelatihan Pengembangan Karakter untuk Remaja

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – LEMBANG

Di tengah berbagai tantangan saat ini, para remaja harus mampu tampil membuktikan segenap potensi yang dimilinya baik pada sisi intelektual, emosional, dan spiritual. Inilah modal untuk menangkal berbagai godaan masa remaja yang secara psikologis masih labil dan mudah terbawa arus negatif. Untuk membangkitkan potensi tersebut, diperlukan pembinaan karakter yang terpadu dan berkesinambungan.

Demikian disampaikan Ketua Lembaga Keterampilan dan Pendidikan (LPK) Quantum Edu, Ipah Ariyanti, dalam pelatihan “Character Building for Teens” di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) – Lembang, pada Sabtu-Minggu, 28-29 Januari 2012.

Ipah menguraikan, rangkaian kegiatan ini berupa penumbuhan karakter para pelajar sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kecamatan Lembang, Parongpong, dan Cisarua dengan fasilitator dari Seven Trainer – Lembang. Para peserta pelatihan mendapatkan materi tentang pengembangan diri, kecerdasan otak, kecerdasan emosional,  kecerdasan spiritual, simulasi dan diakhiri dengan acara outbond.

Dalam sambutan pembukaannya Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB), Aep Nurdin mengingatkan sebuah peribahasa bahwa orang besar itu memiliki cita-cita yang besar. Oleh karena itu sebagai remaja harus memiliki cita-cita yang besar dan harus membangun karakternya agar menjadi pemimpin masa depan.

“Modal masa depan kita sesungguhnya terletak pada kualitas kepribadian atau karakter kita. Semakin unggul kepribadian yang kita miliki maka makin cerah masa depan kita,” lanjut Aep.

Ia juga mengharapkan agar pelatihan ini bisa memotovasi para pelajar untuk terus berprestasi dan menjadi pribadi unggul.

“Untuk meningkatkan kualitas indeks pembangunan manusia (IPM), KBB membutuhkan sosok-sosok unggul yang harus dibangun sejak masa remaja,” pungkas Aep.

Pelatihan ini diikuti oleh 120 orang lebih pelajar kelas X dan XI utusan yang berasal dari SMA/SMK di Kecamatan Lembang, Parompong, dan Cisarua. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini adalah peserta akan mengikuti program “Management of Change” yang akan diselenggarakan rutin setiap pekan oleh Quantum Edu. (fzf)

Berita Terkait