Sunday , 31 May 2020
Home » Ekonomi » Pedesaan Masih Belum Melek Internet

Pedesaan Masih Belum Melek Internet

UMKM tetap bergeming di tengah hantaman krisis global.
UMKM tetap bergeming di tengah hantaman krisis global.

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Pada era teknologi informasi yang kian berkembang, idealnya, pemanfaatan jaringan telekomunikasi seperti internet, dimaksimalkan seluruh kalangan, tidak hanya di wilayah perkotaan, tetapi juga perdesaan. Itu karena jaringan internet dapat bermanfaat besar. Selain sebagai sarana komunikasi, juga berperan selaku media informasi. Bahkan, bagi pelaku usaha mikro, kecil, menengah, internet dapat menjadi sebuah senjata ampuh untuk memperlebar jaringan pasar.
 
Akan tetapi, sampai saat ini, masih banyak masyarakat pedesaan yang belum melek internet. “Penggunaan internet oleh para pelaku UMKM di pedesaan, sampai ini, masih rendah. Padahal internet punya banyak manfaat. Internet dapat menjadi solusi berbagai masalah pengembangan usaha,” tandas Ketua Yayasan Gemilang Muda Mudi Indonesia (Gamma), Budi Riswanto, pada sela-sela Pelatihan Internet “Ayo Genggam Dunia” yang diselenggarakan Yayasan Gamma  di Kantor Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, belum lama ini.
 
Budi berpendapat, agar masyarakat perdesaan, utamanya, para pelaku UMKM lebih meleh internet, perlu adanya pemancing. Agenda ini, alumnus SMA Negeri 12 Bandung tersebut berharap ditindaklanjuti pemerintah daerah. Ini supaya, terang dia, sistem teknologi internet dapat termanfaatkan secara lebih optimal oleh para pelaku UMKM perdesaan sehingga roda ekonomi pun bertumbuh. (ADR)