Tuesday , 18 February 2020
Home » Ekonomi » Pasca Tsunami Sulawesi Ini yang Dilakukan PLN

Pasca Tsunami Sulawesi Ini yang Dilakukan PLN

Sejumlah personil PT PLN (Persero) melakukan normalisasi pasca gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah.
(jabartoday.com/ISTIMEWA)

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Akhir pekan kemarin, Indonesia berduka. Pasalnya, berdasarkan informasi berbagai sumber, ratusan orang meregang nyawa akibat terpaan gempa dahsyat yang diikuti tsunami di Sulawesi Tengah, tepatnya Donggala dan Palu.

Efek bencana itu pun menyebabkan aliran listrik terputus. Melihat kondisi itu, PT PLN (Persero) bergerak cepat. Lembaga BUMN ini segera melakukan upaya-upaya normalisasi.

Alhamdulillah, kami berhasil memperbaiki 3 unit PLTD Silae, yang masing-masing berkapasitas 1,3 Mega Watt (MW),” tandas  Direktur Bisnis Regional Sulawesi PT PLN (Persero), Syamsul Huda, dalam keterangan resminya.

Menurutnya, beberhasilan ini berkqt adanya penambahan personil. Pada tahap 1, jumlah lersonil sebanyak 125 orang yang merupakan tim gabungan PLN Sulawesi. Mereka, jelasnya, hadir untuk memperbaiki infrastruktur kelistrikan di Palu, mulai  pembangkitan, transmisi, gardu induk, jaringan tegangan menengah/rendah, sampai sambungan kepada pelanggan

Saat ini, terangnya, ketiga unit tersebut dalam pengetesan. Syamsul meneruskan, pihaknya berupaya maksimal agar kondisi kelistrikan Palu segera pulih, walau bertahap.

Syamsul mengemukakan, tim tahap kedua, yang membawa tambahan genset dan alat berat tiba di Palu dan Donggala guna menambah suplay listrik. Tim tahap kedua pun, lanjutnya, membantu proses verifikasi dan perbaikan kerusakan kelistrikan yang terjadi

Secara total, ungkapnya, terdapat 22 unit genset untuk normalisasi dan penerangan posko. Sebanyak 10 unit di antaranya, tambah Syamsul, pihaknya datangkan dari Manado. (win)