Pasangan Balex Klaim Dukungan 160 Ribu Suara

  • Whatsapp
Pasangan Balex

JABARTODAY.COM – BANDUNG

 

Bursa Calon Wali Kota Bandung mulai meriah, khususnya calon perseorangan. Sejak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung membuka keran pendaftaran bagi para bakal cawalkot, beberapa orang langsung ramai-ramai berlomba ikut persaingan memperebutkan kursi Bandung-1. Tidak terkecuali pasangan Bambang Setiadi-Alex Tahsin Ibrahim (Balex).

 

Pasangan tersebut mengklaim telah memiliki dukungan kurang lebih 160 ribu. KPU Kota Bandung sendiri menetapkan calon independen harus memiliki dukungan minimal sebanyak 80.678 orang alias tiga persen dari penduduk Kota Bandung, yang berjumlah 2. 689.267 orang.

 

“Namun tidak semuanya akan kami setorkan ke KPU saat pendaftaran, paling hanya 90 ribu atau 100 ribu. Kami mengantisipasi ada yang bolong-bolong. Dan tidak ingin melebihi jauh dari limit yang ditentukan,” ujar Bambang dalam jumpa pers usai deklarasi pencalonan di Lingga Hotel, Kamis (7/2).

 

Pasangan ini sendiri akan mendaftarkan pada Minggu 10 Februari 2013, pukul 10.00. Alasan memilih waktu tersebut, diutarakan Bambang, karena libur nasional, yakni Tahun Baru Cina atau Imlek. Selain itu, untuk mengajak masyarakat, terutama pedagang kaki lima yang berdagang di sekitar Samsat, turut serta dalam kemeriahan.

 

“Karena kami fokus pada ekonomi kerakyatan, dan PKL adalah salah satu bagian dari itu. Nantinya, kami akan membawa kesenian tradisional Sunda, seperti Benjang,” terangnya.

 

Alasan pasangan ini memilih jalur perseorangan adalah sebagai antitesis dari pasangan yang diusung oleh partai politik. Menurut Bambang, masyarakat sudah jenuh dan muak dengan kepala daerah yang berasal dari parpol. Selain itu, imbuhnya, independen adalah sebuah kedaulatan rakyat seutuhnya.

 

Sesuai lansiran KPU Kota Bandung, penyerahan dukungan calon perseorangan dimulai dari 10 hingga 14 Februari 2013. Selain Bambang dan Alex, beberapa pasangan telah mengumumkan untuk maju dalam Pemilihan Walikota Bandung. Mereka diantaranya, Wawan Dewanta-Muhammad Sayogo, Ema Kertabudi-Khaidir, Bambang Setiadi-Alex Tahsin Ibrahim, serta Wahyudin Karnadinata-Toni Apriliani. (AVILA DWIPUTRA)

Berita Terkait