Natal-Tahun Baru, Traffick Internet Melejit

telkomselJABARTODAY.COM – BANDUNG
Pada momen-momen tertentu, kerap terjadi peningkatan kebutuhan dalam berbagai hal, termasuk pertelekomunikasian. Perkiraannya, pada momen Natal 2014 dan Tahun Baru 2015, traffick pemakaian jaringan telekomunikasi pun mengalami kenaikan. “Kami perkirakan, ada peningkatan-peningkatan traffick saat Natal 2014 dan Tahun Baru 2015,” tandas Suryanda Stevanus, Corporate Communication PT Telkomsel Area Jakarta-Bogor-Tangerang-Bekasi (Jabotabek)-Jabar, Rabu (17/12).

Menurutnya, pada momen itu, peningkatan terjadi dalam hal pemanfaatan jaringan internet. Disebutkan, kenaikan penggunaan data internet pada dua momen akhir tahun ini tersebut sebesar 26 persen lebih tinggi daripada momen sama tahun lalu, atau menjadi 1.100 Terra Byte.

Kenaikan pun, lanjutnya, perkiraannya, terjadi pada penggunaan short massage service (SMS). Suryanda memprediksi, penggunaan SMS saat Natal 2014 dan Tahun Baru 2015 naik 14,14 persen daripada momen sama tahun sebelumunya. Kenaikan itu, jelasnya, berarti jumlah SMS menjadi 1.105 miliar SMS. “Sama halnya dengan voice. Momen Natal dan Tahun Baru kali ini, kenaikan penggunaan voice naik 9,61 persen,” tukasnya.

Agar kualitas tetap terjaga sehingga pemenuhan kebutuhan komunikasi tetap lancar, Suryanda menegaskan, pihaknya melakukan berbagai upaya. Di antaranya, ungkap dia, melakukan optimalisasi jaringan, yaitu mengembangkan sekaligus memaksimalkan sistem Commercial 4-G LTE di beberapa titik, yaitu Jakarta, Bandung, dan Bali.

“Kami pun berkonsentrasi pada titik-titik strategis atau yang kerap menjadi pusat dan simpul keramaian saat Natal dan Tahun Baru. Sejauh ini, berdasarkan data, jumlah titik strategis, totalnya 643 titik. Di Bandung, satu di antaranya, berlokasi di Dago,” tutup Suryanda.  (ADR)

Related posts